ACT-MRI Bagikan Ribuan Makanan untuk Tenaga Medis

Jakarta, relawan.id – Ketika virus corona atau Covid-19 mulai menginfeksi Indonesia pada pertengahan Maret lalu, sejumlah tenaga kesehatan pun dipersiapkan untuk mengatasi wabah ini, tapi sayanganya banyak Alat Pelindung Diri (APD) yang habis di pasaran karena panic buying, sehingga tenaga medis terpaksa menggunakan alat seadanya.

Masyarakat kemudian membentuk solidaritas untuk mendukung para tenaga medis yang berada di garda terdepan untuk melawan Covid-19, dari mulai APD hingga bantuan makanan oleh berbagai pihak, termasuk Aksi Cepat Tanggap dan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) yang menurunkan Humanity Food Truck dan membagikan ribuan makanan hampir setiap harinya.

Ryan Andriana Rachman selaku Koordinator Aksi Humanity Food Truck mengatakan semenjak 19 Maret lalu hingga 8 April ini, sudah ada 25.520 paket makanan yang telah mereka distribusikan di bawah program Operasi Makan Gratis. Makanan-makanan ini menyasar para petugas medis di beberapa rumah sakit rujukan Covid-19 di Jabodetabek.

“Aksi Humanity Food Truck pada bulan-bulan darurat Covid-19 ini memang lebih difokuskan untuk memenuhi kebutuhan makan para petugas medis. Kita sudah mendistribusikan 25.520 paket makanan selama 33 kali aksi,” jelas Ryan, Kamis (9/4/2020).

Tercatat Humanity Food Truck telah hadir di belasan rumah sakit rujukan yang ada di sejumlah titik di Jabodetabek. Rumah sakit tersebut di antaranya RS Persahabatan, RSPI Sulianti Saroso, RSAL Marinir Cilandak, RS Tarakan, RS Pelni, RS Fatmawati, RS Harapan Kita, RSUD Pasar Minggu, RSUD Bekasi, RSUD Koja, RSUD Cibinong, dan RSPAD Gatot Subroto.

Apresiasi datang dari berbagai pihak atas aksi Humanity Food Truck ini. Salah satunya Kolonel Laut (K) dr. Hisnindarsyah SE M.Kes. MH. CFEM selaku Kepala SPI RSAL Marinir Cilandak. ACT beserta Humanity Food Truck datang untuk mendukung para petugas medis di RSAL Marinir Cilandak pada Kamis (26/3) lalu.

“Terima kasih atas dukungan yang diberikan ACT kepada Rumah Sakit Marinir Cilandak, yang kebetulan memang berada di zona merah, ring 1 kita. Kita berharap semoga kerja sama baik dan kepedulian ACT ini bisa terus berlanjut, tidak hanya dengan Rumah Sakit Marinir. Saya yakin, ACT sudah sangat luar biasa sekali, sudah banyak memberikan bukti nyata dalam bentuk kerja, bukan hanya kata-kata,” kata Dokter Hisnindarsyah.

Aksi ini rencananya akan terus berlanjut sampai masa darurat corona selesai. Ryan mengajak para dermawan untuk terus mendukung aksi Humanity Food Truck ke depannya agar terus berlanjut dan semakin meluas.

“Karena kita pun dapat bergerak karena dukungan para dermawan, maka kita juga berharap para dermawan dapat terus mendukung langkah kita. Dan mudah-mudahan dengan dukungan tersebut, kita bisa terus berkontribusi sampai pandemi ini berakhir,” harap Ryan.