Ini Cara Menggunakan Masker Kain yang Benar

Jakarta, relawan.id – Langkanya surgical mask atau masker wajah karena wabah virus Corona atau Covid-19 membuat sebagian orang beralih menggunakan masker kain. Ada yang membelinya secara online, ada pula yang membuat sendiri dengan bantuan mesin jahit.

Sejauh ini memang belum ada penelitian yang menyatakan masker kain dapat menahan virus corona menyebar. Namun sebagai upaya pencegahan darurat, masker kain tetap harus digunakan dengan memerhatikan langkah berikut:

1. Gunakan masker dengan cara memegang tali atau karet, jangan bagian depan kain.

2. Panjangkan lipatan-lipatan masker kebawah untuk menutup semua bagian yang harus ditutup yakni hidung, mulut, hingga dagu. Perlu di ingat lipatan-lipatan pada masker itu harus ke bawah bukan ke atas, hal itu agar tidak ada debu, kuman, virus dan droplet yang menyangga atau tersangga di lipatan tersebut.

3. Masker kain hanya bisa dipakai selama 4 jam, setelah itu ganti masker dengan masker kain yang bersih.

4. Lepaskan masker dengan cara memegang karet atau talinya, buang lapisan filter (tisu atau filter kopi) jika ada, ganti dengan yang baru setiap akan digunakan kembali.

5. Masker kain dapat dibersihkan dengan cara dicuci dengan air dan deterjen di mesin cuci maupun cuci manual.

6. Setelah masker kain dilepas jangan langsung memegang mata, hidung atau mulut.

7. Cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, jika tidak memungkinkan gunakan hand sanitizer tepat setelah melepas masker.