Manfaat Kacang Polong Bagi Kesehatan

Jakarta, relawan.id – Kacang polong merupakan bahan makanan bagi masyarakat Indonesia. Kacang berbentukoval ini mempunyai pelbagai warna, seperti kuning dan coklat. Kacang polong merpati adalah sumber protein yang baik bila dibandingkan dengan kacang polong lainnya di keluarga.

Kacang jenis ini adalah pilihan makanan yang sehat, mengingat kandungan rendah lemak dan kandungan serat dan mineral yang tinggi.

Menurut penelitian ternyata kacang polong berkhasiat untuk kesehatan, lho. Seperti:

1. Mengurangi risiko kanker

Kanker termasuk salah satu penyakit penyumbang kematian terbesar di dunia. Penyakit inipun terbagi menjadi berbagai macam seperti kanker payudara, kanker serviks, kanker darah dll. Kacang polong ternyata makanan yang mengandung antioksidan cukup tinggi yang berperan melawan radikal bebas yang membahayakan kesehatan tubuh.

2. Menjaga kesehatan jantung

Kesehatan jantung tentu harus dijaga, mengingat jantung merupakan alat vital yang ada dalam tubuh. Kacang polong memiliki khasiat dalam menjaga kesehatan jantung, karena kacang polong termasuk jenis makanan yang rendah kolesterol dan mengandung kalium untuk menjaga jantung tetap sehat.

3. Mengurangi gejala anemia

Sama halnya dengan kacang-kacangan lainnya mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, kacang polong mengandung vitamin B9 atau folat yang berkhasiat menstabilkan sel darah merah sehingga terhindar dari gejala anemia.

4. Menstabilkan tekanan darah

Darah erat kaitannya dengan jantung, jantung bertugas memompa aliran darah ke seluruh tubuh. Kacang polong menjadi salah satu makanan penyumbang kalium, nutrisi yang baik untuk mengurangi sumbatan di pembuluh darah dan menjaga darah tetap stabil sehingga terhindar dari penyakit hipertensi dan kardiovaskular.

5. Sebagai metabolisme tubuh

Kacang yang berbentuk oval ini pun ternyata baik juga untuk metabolisme tubuh kamu, lho. Karena mengandung vitamin B1, niacin dan riboflavin. Dari kandungan tersebut, selain menambah energi dan menjaga kekebalan tubuh juga sebagai solusi diet sehat.

6. Melancarkan pencernaan

Kandungan serat yang tinggi mencapai 8.8 gram dari 160 gram pada kacang polong, membuat pencernaan lancar jika memakan biji-bijian yang satu ini. Kamu bisa terhindar dari buang air besar (BAB) yang bermasalah seperti tinja yang encer, sembelit dll.

Wah ternyata kecil-kecil memiliki banyak khasiat, ya. Yuk mulai sekarang sedia kacang polong di rumah, camilan sehat dan kaya manfaat.