Meski di Rumah Aja, Ini Tips untuk Tetap Sehat

Jakarta, relawan.id – Di saat masa karantina di rumah kita perlu melakukan pola hidup sehat agar sistem imun menjadi kuat. Harapannya dengan sistem imun yang kuat ini kita bisa mencegah datangnya berbagai penyakit lain, dan membuat tubuh kita tidak mudah sakit. Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan selama masa karantina.

1. Pola Tidur yang Konsisten.

Salah satu kebiasaan tiap orang ketika libur adalah menggeser waktu tidurnya menjadi lebih malam, dan bangun lebih siang. Ini juga yang terjadi pada teman-teman yang sedang work from home atau diliburkan aktivitasnya.

Padahal hal ini kurang baik, karena penelitian menunjukkan jika kita tidur dengan waktu yang tidak konsisten akan meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Selain itu jika kita mengalami durasi tidur dari yang kurang dari 7 jam setiap malam, hal ini akan menyebabkan penurunan sistem imun tubuh kita.

2. Olahraga Secara Rutin

Penting bagi kita untuk melakukan olahraga secara teratur selama masa karantina. Karena kebanyakan dari kita menjadi jarang keluar dan sedikit sekali melakukan aktivitas.

Padahal olahraga yang teratur dengan durasi 30-45 menit setiap 2-3 hari sekali sangat banyak manfaatnya bagi tubuh. Adapun kita tetap dapat melakukan olahraga secara rutin di rumah seperti: naik turun tangga, skipping, dan melakukan workout seperti push up.

Sebisa mungkin hindari ke tempat fitness selama masa pandemi corona untuk mencegah penularan. Jika kita ingin melakukan olahraga di luar rumah, maka usahakan untuk menjauhi tempat yang ramai, menjaga jarak 1 meter dengan orang lain, dan meminimalisir menyentuh permukaan benda.

3. Manfaatkan Matahari

Saat kita karantina dalam rumah usahakan untuk tetap mendapatkan sinar matahari yang cukup dengan membuka jendela. Tujuannya adalah membuat siklus dalam tubuh kita menjadi lebih teratur.

Karena jika kita tidak mendapatkan cahaya sinar yang cukup sepanjang hari, maka hal ini akan mengganggu siklus normal tubuh, dan akan membuat gangguan tidur.

Selain itu kita juga bisa memanfaatkan sinar matahari pada pukul 9-10 pagi untuk berjemur dengan durasi 15-30 menit, karena hal ini akan meningkatkan produksi Vitamin D di tubuh.

4. Perhatikan Nutrisi yang Masuk

Hal yang sangat penting diperhatikan lagi adalah apa yang kita konsumsi sehari-hari. Karena semasa karantina ini mungkin kita menjadi lebih sering makan-makanan instan yang kurang sehat. Usahakan untuk tetap makan-makanan yang bergizi, perbanyak sayur, dan rutinkan makan buah setiap harinya.

Jika kita sudah cukup mendapatkan nutrisi dari makanan yang masuk, kita tidak perlu lagi untuk mengonsumsi suplemen tamabahan apapun. Selain itu cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum sebanyak 2,5 liter per hari.

5. Hindari Stress

Pikiran yang negatif tentu akan membuat respon tubuh yang negatif pula. Itulah mengapa di saat masa pandemi yang banyak permasalahan, kita perlu mengurangi pikiran-pikiran negatif tersebut.

Karena pada prinsipnya apapun kejadian yang terjadi, reaksi pikiran adalah diri sendiri yang menentukan. Beberapa orang menjadi panik berlebihan semasa pandemi ini karena takut dan gelisah terinfeksi virus corona.

6. Jauhi Kegiatan yang Tidak Sehat

Berbagai kebiasan yang kurang baik bagi tubuh seperti begadang, merokok, dan makan makanan manis dalam jumlah banyak harus diminimalisir. Karena hal ini akan menganggu kesehatan tubuh dan dapat menimbulkan berbagai penyakit. Sementara dari hasil penelitian, keparahan pasien corona terjadi pada orang-orang yang memiliki penyakit penyerta sebelumnya.

7. Lakukan Pola Pencegahan

Berbagai anjuran untuk mencegah corona tetap harus kita lakukan, seperti mencuci tangan secara rutin, tetap berada di rumah, dan mengenakan masker jika terpaksa keluar. Perbanyak pula beribadah dan berdoa agar pikiran menjadi lebih positif dan berharap agar masa pandemi ini cepat berlalu.