MRI-ACT Tegal Bagikan Masker di Pasar Tradisional

Tegal, relawan.id – Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) dan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Tegal bersama ojek Gojek Mejasem Community (Gomesty), melakukan aksi pembagian masker kain gratis kepada masyarakat umum, Ahad (12/4/2020).

Pembagian masker tersebut berlangsung tiga lokasi, Pasar Pagi dan Pasar Langon Kota Tegal, serta Pasar Mejasem Kabupaten Tegal.

Kepala ACT-MRI Cabang Tegal, Siswartono mengatakan, ada 500 buah masker dibagikan kepada masyarakat umum yang mencari nafkah di luar rumah. Pembagian masker ini supaya masyarakat bisa mentaati anjuran pemerintah. Jika diharuskan keluar rumah, maka diwajibkan memakai masker.

“Tim secara langsung ke beberapa lokasi yang dianggap banyak masyarakat berkumpul, seperti pasar. Sambil mengedukasi tentang pemakaian masker, tim membagikan masker kain ke penjual, pengunjung, tukang becak, tukang parkir, dan pengemudi ojek online,” kata Siswartono.

Siswartono mengatakan, rencananya ACT-MRI Tegal juga akan melakukan aksi serupa. Aksi pembagian masker bersamaan dengan operasi makan gratis yang akan berlangsung 10 hari.

Ia mengatakan, adanya kondisi pandemi virus corona atau Covid-19 membuat semua aspek kehidupan di masyarakat mengalami gangguan, seperti aspek ekonomi.

Bagi masyarakat prasejahtera, menurut Siswartono, tentu akan sangat terasa dampaknya.

“Untuk itu program Operasi Makan Gratis (OMG) bertujuan membantu meringankan beban masyarakat. Ini adalah bentuk kepedulian kepada masyarakat yang merasakan dampak, khususnya masyarakat prasejahtera. Dalam implementasinya, nanti akan ada seleksi sehingga benar-benar tepat sasaran,” jelasnya.

Seorang tukang parkir, Heri mengucapkan terima kasih atas pembagian masker kain yang telah dilakukan ACT-MRI.

“Terima kasih, nanti akan saya pakai biar terhindar dari penyakit,” ujarnya sambil tersenyum.