Hadapi Cemas di Tengah Pandemi Covid-19, Ini Saran WHO

Jakarta, relawan.id – Merasa stres dan cemas berlebih kerap dirasakan oleh orang-orang karena adanya pandemi Covid-19. Kondisi ini pun didukung dengan imbauan untuk karantina atau beraktivitas di rumah terlebih dahulu selama pandemi berlangsung.

Berbagai pihak mengingatkan untuk saling memperhatikan satu sama lain agar kesehatan mental tetap terjaga. Sebab, bila kesehatan mental menurun, hal itu bisa berimbas kepada turunnya daya tahan tubuh, sehingga lebih mudah terserang penyakit.

WHO Indonesia melalui akun Instagram resminya mengatakan, sangat wajar jika Anda merasa takut dan cemas saat ini. Untuk mengurangi keresahan yang Anda rasakan, ikuti beberapa saran dari WHO Indonesia berikut ini :

1. Bicarakan perasaan Anda dengan orang-orang terdekat. Karena, membicarakan perasaan Anda dengan orang lain dapat mengurangi keresahan yang dirasakan.

2. Pilih dan batasi waktu yang Anda habiskan setiap hari untuk membaca atau menonton berita terkini tentang Covid-19. Karena, mendengar dan melihat liputan mengenai virus corona terus-menerus dapat membuat Anda lebih cemas dan sedih.

3. Penting untuk menghabiskan waktu melakukan hal-hal yang Anda sukai dan membuat diri rileks.

Selain itu, WHO Indonesia juga mengingatkan untuk melindungi diri Anda dan orang-orang terdekat dari Covid-19 dengan cara berikut ini :

1. Rajin mencuci tangan

2. Batuk atau bersin pada siku yang terlipat, bukan tangan Anda!

3. Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut

4. Hindari atau batasi berada di tempat-tempat ramai. Ikuti anjuran pemerintah

5. Hindari kontak dekat dengan orang sakit

6. Bersihkan dan disinfeksi permukaan atau benda-benda mati yang sering disentuh