MRI Maluku Gelar Penyemprotan Disinfektan, Mayarakat Sangat Antusias

Maluku, relawan.id – Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Maluku terus melakukan upaya pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19 dengan cara melakukan penyemprotan disinfektan di Dusun Toisapu, Desa Passo, Kecamatan Teluk Ambon, Ambon-Maluku, Rabu (15/4/2020).

Humas MRI Maluku, Safri Zainudin Bugis, mengatakan tim operasi gabungan penyemprotan disinfektan kali ini dilakukan di Dusun Toisapu, sebelum kegiatan dimulai tim MRI menerima arahan terleibh dahulu dan doa bersama yang dipimpin Komandan Suriyanto dari Babinsa.

“Dikarenakan Dusun ini yang luas serta jarak antar rumah cukup berjauhan, maka demi mengalokasikan jumlah anggota serta luasnya jangkauan sasaran aksi, tim pun dibagi kedalam 3 kelompok. Yaitu TAGANA di wilayah bagian depan dusun, PMI di wilayah bagian tengah dusun, dan MRI-ACT di wilayah bagian atas dusun,” ungkap Safri.

Sebagai informasi, Dusun Toisapu terletak di Kecamatan Leinitu Selatan. Merupakan daerah dengan tanah yang amat subur, berbagai macam pohon buah terhampar sepanjang jalan Dusun Toisapu. Sebut saja pohon durian, pohon rambutan, pohon langsat, pohon pala, dan masih banyak lagi. Bukan hanya itu masyarakat di sana pun banyak yang berkebun sayur-sayuran.

“Alhamdulillah masyarakat menyambut dengan ramah kedatangan tim. Meskipun ada sedikit sambutan yang tak terduga yang diterima tim sekaligus menguji keberanian tim,” ujarnya.

“Alhamdulillah penyemprotan berjalan dengan lancar. Tim beberapa kali dijamu dengan buah dari masyarakat. Setelah aksi selesai, tim gabungan berkumpul kembali di pantai Toisapu dilanjutkan dengan makan siang bersama. Kita diberikan makan siang oleh masyarakat setempat,” tambahnya.

Tak hanya diberikan makan siang, sebagai tanda terim kasih, warga sekitar memberikan buah durian. Kepala Dusun Toisapu pun semakin gencar mengimbau masyarakat agar tetap hati-hati dan selalu menjaga kesehatan dan keselamatan diri sebagai wujud kerjasama dalam menghalau penyebaran covid-19.