Selain untuk Tulang, Ini Manfaat Lain dari Vitamin D

Jakarta, relawan.id – Berbagai vitamin dibutuhkan oleh tubuh agar dapat bekerja secara optimal, salah satunya adalah vitamin D. Vitamin ini dikenal memiliki kaitan erat dengan kesehatan tulang.

Akan tetapi, manfaat vitamin D tidak hanya sebatas tulang saja. Masih ada segudang manfaat lain dari vitamin ini bagi kesehatan tubuh, seperti mengurangi risiko depresi bahkan hingga kanker. Untuk mengetahui manfaat lengkapnya, mari kenali lebih jauh mengenai manfaat vitamin D.

1. Mampu mempercepat penurunan berat badan

Manfaat pertama dari vitamin D yang tak disangka-sangka adalah membantu penurunan berat badan. Dilansir dari Healthline ini terjadi karena zat tersebut bisa menekan nafsu makan, terutama jika dikonsumsi dalam bentuk suplemen. Jadi saat kamu sedang diet, iringi pola makanmu dengan konsumsi vitamin D.

2. Memperkuat sistem imun tubuh

Vitamin D adalah salah satu vitamin yang memiliki peran penting dalam mendorong respons imun tubuh. Ia mampu meningkatkan fungsi dari sel-sel imun, termasuk sel T, makrofaga, hingga sel darah putih. Ketiganya berguna untuk melawan segala partikel asing dalam tubuh.

Menurut studi tahun 2012 yang dipublikasikan oleh BMJ Journal, benar bahwa selain berguna untuk tulang dan sendi, vitamin D dapat meningkatkan respons sel-sel imun. Tak hanya itu, ia juga bisa mencegah sel tersebut mengganas atau menjadi autoimun.

3. Dapat mengurangi risiko terserang Covid-19

Covid-19 yang disebabkan oleh virus corona dapat dicegah jika kita memiliki sistem imun yang kuat. Dengan begitu sel imun mampu melawan virus yang masuk hingga tidak mampu menginfeksi. Salah satu cara untuk mencapainya adalah dengan mendapatkan vitamin D yang cukup.

Menurut penelitian terbaru dari Research Square menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat vitamin D pada tubuh, semakin tinggi pula resistansi kita terhadap virus corona. Itulah kenapa para peneliti menyarankan agar masyarakat mengonsumsi asupan dan suplemen vitamin D serta berjemur di waktu yang tepat.

4. Mengurangi risiko flu dan penyakit pernapasan lainnya

Ternyata tidak hanya mencegah Covid-19, vitamin D juga bisa mengurangi risiko flu dan penyakit pernapasan lainnya, lho. Sudah banyak penelitian yang dijalankan untuk membuktikan hal ini. Salah satunya menunjukkan bahwa konsumsi vitamin tersebut bisa menurunkan risiko flu hingga 40 persen.

5. Mengurangi gejala depresi

Tidak hanya berguna untuk kesehatan fisik, vitamin D ternyata juga baik untuk mental kita, yaitu dengan mengurangi gejala depresi. Dilansir dari Healthline, zat ini bekerja dengan cara meregulasi mood kita agar tidak naik turun.

Tidak hanya itu, studi dari Issues in Mental Health Nursing tahun 2011 juga menyebutkan bahwa orang-orang yang kekurangan vitamin D sangat rentan untuk terkena depresi. Sebagian besar terjadi karena mereka jarang melakukan aktivitas outdoor agar terkena paparan sinar matahari dan tidak peduli dengan kesehatannya.

6. Baik untuk perkembangan janin dan ibu hamil

Wanita yang sedang hamil sangat disarankan untuk memperbanyak konsumsi susu dan suplemen vitamin D. Pasalnya zat tersebut sangat dibutuhkan dan bermanfaat untuk perkembangan janin dan sang ibu. Dilansir dari Medical News Today dan Lybrate, berikut ini sejumlah manfaatnya:

  • Mengurangi risiko pengeroposan tulang pada ibu;
  • Mengurangi risiko preeklampsia (komplikasi kehamilan karena tekanan darah ibu yang tinggi);
  • Mengurangi risiko kelahiran caesar;
  • Mencegah infeksi bakteri pada vagina;
  • Mengurangi risiko alergi dan asma saat bayi lahir.

7. Mengurangi risiko diabetes tipe 1 dan 2

Berikutnya, vitamin D ternyata bisa mengurangi risiko diabetes tipe 1 dan 2. Melansir Everyday Health, ini karena vitamin itu mampu meningkatkan sensitivitas insulin, sel beta, dan mengurangi inflamasi. Selain itu, vitamin D juga bisa membantu mengatur gula darah. Jika kamu memiliki riwayat diabetes pada keluargamu, konsumsilah vitamin D untuk mengurangi risikonya.

8. Meningkatkan kesehatan jantung

Sebuah studi yang dipublikasikan oleh JAMA Cardiology tahun 2018 menunjukkan bahwa vitamin D dapat menguatkan jantung kita. Walaupun tidak secara langsung mengurangi risiko penyakit jantung, tidak ada salahnya mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D untuk menjaga agar organ tersebut terus berfungsi dengan baik hingga tua nanti.

9. Mengurangi risiko kanker

Terakhir, vitamin D juga bisa mengurangi risiko kanker, salah satu penyakit yang paling ditakuti di dunia. Studi American Public Health Association tahun 2006 membuktikan bahwa zat tersebut memiliki hubungan dengan penurunan risiko kanker payudara, usus besar, ovarium, pankreas dan prostat.

Kamu bisa mendapatkannya dengan cara berjemur di bawah sinar matahari selama kurang lebih 15 menit. Namun kamu harus mengecek indeks ulltraviolet (UV) terlebih dahulu, pastikan angka tersebut berada di bawah 5. Di Indonesia, waktu untuk mendapatkan indeks UV yang tepat adalah sebelum pukul 09.00 dan setelah 15.00.

Lalu dari makanan, kamu bisa menemukan vitamin D pada susu, ikan berlemak, hati sapi, keju, dan kuning telur. Penuhi asupanmu setiap hari agar kamu bisa merasakan manfaatnya.