Humanity Food Truck Jangkau Berbagai Wilayah di Indonesia

Batam, relawan.id – Operasi Makan Gratis (OMG) bersama Humanity Food Truck terus menjangkau masyarakat terdampak pandemi Covid-19 di berbagai wilayah Indonesia. Ribuan porsi makanan bergizi dari truk berdapur ini juga menopang kebutuhan pangan rumah sakit yang menjadi rujukan pasien Covid-19, termasuk Rumah Sakit Darurat Covid-19 Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau.

Berangkat dari Jakarta pada Senin (13/4/2020), Humanity Food Truck tiba di Batam pada Rabu (15/4) pukul 10.00 WIB. Setelah menempuh perjalanan selama tiga hari melalui jalur laut dan darat, armada kemanusiaan ini melanjutkan perjalanan ke Pulau Galang dikawal oleh Patwal Satlantas Polresta Barelang.

Koordinator Koki Humanity Food Truck, Joni Kusumahadi, mengatakan truk berdapur itu dibekali tim relawan koki yang siap menyediakan makanan siap santap bagi petugas medis, pasien, hingga masyarakat di Pulau Galang. Dua orang koki berangkat dari Jakarta bersama dua pengemudi armada Humanity Food Truck. Sedangkan tambahan tim koki yang didatangkan dari Batam untuk ke Pulau Galang sebanyak 11 orang. “Total ada 15 relawan yang siap memberikan pelayanan makan gratis di Humanity Food Truck,” jelas Joni yang juga pernah menjadi koki di salah satu hotel di Batam ini.

Di hari pertama aksinya pada Rabu (15/4), Humanity Food Truck memasak dan menyajikan 500 porsi makanan siap santap untuk tenaga medis, tenaga keamanan, dan pasien di RSD Covid-19 Pulau Galang. Proses memasak dan penyajian makanan ini dipantau langsung oleh dr. Josepin, SPGK selaku ahli gizi di rumah sakit tersebut.

“Untuk nutrisinya kita butuh makanan yang tinggi protein, karbohidrat, lemak sesuai kebutuhannya, serta vitamin dari sayur-sayuran dan buah-buahan,” terang dr. Josepin.

Kehadiran Humanity Food Truck sangat disyukuri tim yang bertugas di RSD Covid-19 Pulau Galang. Hal ini mengingat armada tersebut dapat menambah menu makanan yang ada, juga menu yang disajikan sesuai kebutuhan nutrisi untuk para relawan dan pasien di RSD Covid-19 Pulau Galang.

“Kita berterima kasih sekali atas kehadiran Humanity Food Truck dari Aksi Cepat Tanggap. Ini sangat membantu kita serta penambahan makanan kita karena menunya sesuai dengan kebutuhan kalori, karbohidrat, dan lemak yang kita butuhkan,” tambah dr. Josepin, SPGK.

Humanity Food Truck akan beroperasi selama dua pekan di Batam, menyajikan ribuan porsi untuk tenaga medis, tenaga keamanan, serta pasien di RSD Covid-19 Galang. Aksi Cepat Tanggap senantiasa berbuat kebaikan dengan #SebarVirusOptimis di tengah pandemi yang melanda saat ini.