Sabun dan Hand Sanitizer, Lebih Efektif Mana?

Jakarta, relawan.id – Di tengah merebaknya wabah virus corona atau Covid-19, anjuran cuci tangan santer didengungkan. Meskipun tampak sederhana, cuci tangan dengan air bersih menggunakan sabun mengandung antiseptik hingga kini masih jadi cara efektif untuk menangkal virus corona, tapi sayangnya kita terkadang sulit untuk mencuci tangan menggunakan sabun saat dalam perjalanan, maka dari itu pembersih tangan seperti hand sanitizer bisa menjadi alternatif.

Menurut dr. Akhmad Isna Nurudinulloh keduanya ini sangat efektif digunakan, tetapi lama waktu yang disarankan untuk mencuci tangan dengan sabun antiseptik itu 2 kali lipat dibanding dengan hand sanitizer yang mengandung alkohol kurang lebih 70 persen. Mencuci tangan dengan handsanitizer memerlukan waktu 20-40 detik, sedangkan mencuci tangan dengan sabun antiseptik dan air memerlukan waktu 40-60 detik.

“Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda harus melakukan prosedur membersihkan tangan dengan tepat. Sudah mencuci tangan dengan sabun namun jika cara membersihkannya tidak tepat maka tidak akan efektif,” ujarnya, Selasa (21/4/2020).

Cara melakukannya adalah dengan membasahi tangan dengan air bersih yang mengalir, kemudian oleskan sabun ke telapak tangan. Saat menyabuni, pastikan gosok punggung tangan, sela-sela jari, dan bawah kuku.

Gosok dilakukan setidaknya selama 20 detik. Bilas bersih menggunakan air mengalir dan keringkan dengan handuk bersih.

Begitu juga dengan hand sainitizer. Pastikan seluruh telapak tangan, punggung tangan, sela-sela jari, dan bawah kuku terbaluri dengan hand sanitizer.

Meskipun dalam penggunaannya hand sanitizer lebih praktis tapi hand sanitizer tidak bisa menjadi pengganti sabun dan air mengalir dalam membasmi kuman. sementara jika kamu ingin membasmi kuman bakteri maupun virus yang ada pada benda mati seperti meja kursi pintu di ruangan rumah kamu bisa menggunakan cairan desinfektan.

Cairan desinfektan ini cukup ampuh dalam membunuh kuman namun berbahaya apabila terkena tangan langsung. Kamu juga bisa mendapatkan cairan desinfektan secara mudah di beberapa toko maupun swalayan. Adapun sabun, hand sanitizer, cairan desinfektan adalah upaya kita untuk melindungi diri dari virus Corona.