Tips Mencuci Masker Kain Agar Tetap Aman Digunakan

Jakarta, relawan.id – Saat ini, untuk mencegah persebaran infeksi virus corona atau Covid-19, penggunaan masker merupakan hal yang penting dilakukan. Bagi masyarakat, masker yang disarankan untuk digunakan adalah berupa masker kain.

Ketika meninggalkan rumah, penggunaan masker merupakan hal yang wajib dilakukan saat ini. Setelah digunakan, sangat disarankan untuk mencuci masker ini.

Dilansir dari CNA, dr Daniel Griffin pakar penyakit infeksi dari Columbia University mengungkap bahwa masker kain ini sebaiknya dicuci sesering kamu mencuci baju dalam. Hal ini berarti kamu mencucinya setiap kali selesai dipakai.

Kamu dapat mencuci masker ini bersama pakaian lain di mesin cuci. Professor Rachel Noble, pakar mikrobiologi dari University of North Carolina, mengatakan bahwa kamu bisa menggunakan deterjen biasa, namun jika ingin mendapat tambahan disinfeksi kamu bisa menggunakan klorin atau pemutih.

Jika kamu memiliki kulit sensitif, cuci masker di bawah air mengalir untuk menghilangkan noda deterjen. Kamu juka bisa menggunakan deterjen dan mencucinya dengan air bersuhu 60 derajat.

Cuci Tangan dengan Air Hangat

Jika takut masker bisa luntur ke pakaian ketika menggunakan mesin cuci, kamu bisa menggunakan cara lain. Kamu bisa menggunakan deterjen bisa dan gosok selama 20 detik dengan air hangat yang masih aman untuk tangan.

Keringkan dengan Tepat

Baik mencuci dengan mesin maupun tangan, mengeringkannya secara tepat merupakan hal yang penting dilakukan. Usahakan mengeringkan dalam suhu tinggi untuk memastikan patogen di dalamnya benar-benar terbunuh.

Mengeringkan Menggunakan Setrika

Jika tidak memiliki pengering berhawa panas, kamu bisa menggunakan setrika. Pilihan lain yang dapat kamu lakukan adalah menggunakan oven kering selama 20 menit pada suhu 70 derajat Celsius.

Sekali Waktu, Rebus di Air Mendidih

Pada waktu tertentu, rebus masker di air mendidih selama lima menit. Namun jangan lakukan cara ini terlalu sering karena masker bisa mudah rusak jika terlalu sering direbus.

Disarankan agar tidak merebusnya lebih dari 10 kali. Oleh karena itu disarankan untuk mencuci sehari-hari dengan manggunakan mesin dan tangan, serta hanya beberapa kali merebusnya.