Tips Tetap Sehat di Bulan Ramadhan Saat Pandemi Covid-19

Jakarta, relawan.id – Bulan Ramadhan menjadi saat yang ditunggu-tunggu bagi umat Muslim di seluruh dunia. Pada bulan ini orang berbondong-bondong untuk beribadah dan berbuat kebaikan lebih banyak lagi.

Namun ada yang berbeda untuk Ramadhan tahun ini, karena merebaknya pandemik yang telah merenggut banyak jiwa. Puasa tahun ini akan sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Terlebih lagi kebijakan physical distancing, PSBB, dan WFH yang mengharuskan kita untuk menghindari kerumunan. Di mana hal ini akan menghilangkan banyak momen berharga di bulan puasa. Banyak kegiatan yang seharusnya kerap dilakukan saat Ramadhan dengan berat hati harus ditiadakan. Biar bagaimanapun kita tetap harus menjalani kegiatan selama puasa dengan maksimal. Oleh karena itu kesehatan tubuh sangat penting untuk dijaga.

Beberapa hal berikut adalah tips agar tetap bisa menjalani ibadah di bulan puasa dengan sehat dan bugar.

1. Pastikan minum vitamin C dengan maksimal setiap hari

Vitamin C diketahui sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh, memberikan proteksi terhadap serangan virus dan penyakit. Kebutuhan akan vitamin seringkali terabaikan karena merasa dalam kondisi tubuh yang sehat. Namun ketika merebaknya pandemik Covid-19 ini setiap orang diharuskan untuk bisa menjaga diri dengan proteksi maksimal dari luar maupun dalam tubuh.

Salah satu yang paling penting tentu saja dengan mengonsumsi vitamin C. Kamu bisa membeli vitamin C di apotek terdekat atau banyak mengonsumsi buah. Biasanya tersedia dalam takaran 500 mg, kamu bisa minum satu pada saat sahur dan satu saat berbuka. Tenang saja, jangan takut berlebihan mengonsumsinya karena jikalau tubuh merasa kelebihan vitamin C maka akan dibuang melalui air seni, karena sifatnya yang larut dalam air.

2. Penuhi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan tetap terhidrasi

Saat berpuasa tentu tubuh akan kekurangan cairan, adapun cara menyiasatinya adalah dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Pastikan kamu minum cukup air paling tidak 2 liter selama berpuasa seharian.

Kamu bisa membaginya dalam beberapa gelas dan meminumnya di jam-jam tertentu seperti 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka dan 2 gelas saat akan tidur malam hari. Dengan begitu kebutuhan cairanmu akan tetap terpenuhi dan mengurangi risiko dehidrasi.

3. Makan sahur dan berbuka dengan porsi cukup dan sehat

Sebisa mungkin jangan melewatkan makan sahur karena tubuh membutuhkan energi untuk berpuasa seharian. Pastikan pula makanan sahurmu sehat dan bergizi dengan memenuhi kebutuhan sayur dan protein yang cukup.

Ketika berbuka pun jangan sembarangan dengan memakan apa pun yang membuat selera. Hindari mengonsumsi gula berlebihan dari minuman manis. Dengan begitu pula kamu mampu menjaga berat badan tetap stabil selama berpuasa sebulan penuh.

4. Sebisa mungkin berjemur dengan matahari pagi dan lakukan olahraga ringan

Matahari pagi sangat menyehatkan karena mengandung vitamin D yang baik untuk kulit. Selain itu juga badan akan terasa lebih segar karena keringat yang keluar dari tubuh. Ditambah lagi melakukan olahraga ringan yang bisa kamu lakukan di halaman rumah.

Hal itu akan membangkitkan semangat dan energi pagimu untuk memulai aktivitas. Jadi, pastikan kamu menyapa mentari pagi setiap hari ya.

5. Jalankan ibadah secara maksimal dengan tetap #DiRumahAja

Salah satu hal terpenting dalam bulan Ramadan adalah dengan meningkatkan aktivitas beribadah. Kamu bisa menambah porsi melakukan ibadah sekalipun dilakukan di rumah seperti salat sunnah dan mengaji. Faktanya melakukan ibadah mampu membawa kedamaian dan ketenangan hati. Di mana hal tersebut sangat baik untuk meningkatkan imunitas tubuh yang menjadi proteksi terhadap segala penyakit.