Bergerak Lewat Komunitas, Bangun Kepedulian Bantu Masyarakat Yang Terdampak Covid-19

Yogyakarta, relawan.id – Wabah Covid-19 membangkitkan semangat gotong royong dan kepedulian sosial warga di berbagai daerah. Warga bahu-membahu berupaya mencegah penyebaran virus hingga memberikan bantuan berupa masker, hand sanitizer hingga hazmat.

Di Yogyakarta, kaum ibu yang tergabung dalam Komunitas Sosial Lingkar Bunda melakukan penggalangan dana untuk masyarakat yang terdampak Covid-19. Penggalangan dana ini berupa uang, hazmat, masker dan hand sanitizer.

Salah satu anggota Komunitas Sosial Lingkar Bunda, Wika Widyasari mengatakan penggalangan dana dilakukan untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemik Covid-19 di Yogyakarta selama beberapa bulan ini. Selain itu, akibat pandemik ini banyak masyarakat yang merasakan dampaknya seperti PHK, pedagang yang hasilnya sepi, dan masih banyak lagi.

“Selama penggalangan dana ini, komunitas kami telah menerima bantuan kurang lebih 15 juta, dan uang hasil penggalangan dana ini akan dibelanjakan untuk keperluan masyarakat dan tenaga medis dalam menghadapi Covid-19,” ujar Widyasari, Senin (27/4/2020).

Kegiatan bantuan penanganan corona ini, pembagian masker, hand sanitizer dan hazmat. Dengan melihat keadaan seperti saat ini kami tetap membatasi diri agar tidak membuat kerumunan dalam masyarakat.

“Harapan kami selain membantu masyarakat, kami juga bisa membantu tenaga kesehatan dalam menjalankan tugas mereka, semoga dengan semangat gotong royong bangsa kita mampu mengatasi pandemi ini dan segala akibat yang menyertainnya,” lanjut Widyasari.