Di Tengah Pandemi Covid-19, Humanity Careline Bantu Masyarakat Membutuhkan

Bogor, relawan.id– Humanity Careline dari Aksi Cepat Tanggap (ACT), terus beroperasi mendistribusikan beras kepada mereka yang membutuhkan, oleh karena itu Masyarakat Relawan Indonesia (MRI-ACT) turut membantu dalam proses pendistribusian. 

“Hari ini kita sudah siapkan ratusan paket beras dan mulai beroperasi sejak jam 8 pagi tadi. Beberapa pesanan juga sudah di antarkan kepada penerima manfaat,” kata Hari Priatna, dari MRI-ACT di Komando Distrik Militer (Kodim) 0606, Kota Bogor, Senin (27/4/2020).

Hari dan beberapa orang anggota tim lainnya bertugas menyiapkan daftar penerima manfaat yang telah menelepon dan kemudian memesan ojek daring. Nantinya beras akan diserahkan kepada pengemudi ojek yang datang dan langsung mengantarkan beras ke rumah penerima manfaat.

Yeni, salah satu penerima manfaat Humanity Careline, amat senang dengan hadirnya program ini. Hal ini mengingat keadaan sekarang sedang sulit.

“Ya Allah senang sekali saya, (bantuannya) memanjangkan umur. Pokoknya saya tidak bisa balas. Cuma yang kuasa yang bisa membalas. Saya berterima kasih banget, senang banget,” ungkap Yeni yang merupakan warga Cimahpar, Bogor.

Abdul, salah satu pengemudi ojek daring yang mengantar paket beras, mengatakan banyak manfaat yang ia rasakan dari program Humanity Careline. Selain merasa terbantu, ia juga merasa program ini bermanfaat untuk orang banyak di saat pandemi.

“Saya sangat mendukung juga dengan adanya program seperti ini. Bisa membantu masyarakat yang sedang membutuhkan apalagi kondisinya sekarang, sedang Covid-19. Sangat membantu sekali,” kata Abdul.

Humanity Careline adalah program berbasis digital untuk memberikan layanan pengadaan pangan bagi warga terdampak wabah Covid-19. Program ini bekerja sama dengan pengemudi ojek daring dalam proses pengantarannya. Layanan Antar Pangan Gratis ini dilaksanakan sejak 17 April 2020 hingga penetapan masa darurat bencana wabah dicabut atau akan diperpanjang waktunya untuk melihat kondisi pasca pandemi.