Tips Mudah Memilih Makanan dan Minuman Saat Diet

Oleh: dr. Akhmad Isna Nurudinulloh

Jakarta, relawan.id – Diet atau pola makan umumnya ditujukan untuk menurunkan berat badan menuju berat badan ideal. Tujuan akhirnya tentu saja sehat. Sebagian besar diet rata-rata memiliki prinsip defisit kalori, dimana kalori yang masuk lebih rendah dibanding kalori yang keluar.

Sampai di sini, mungkin akan banyak kesulitan dalam memilih makanan dan minuman, agar tetap kenyang, sehat, dan tentunya target penurunan berat badan tercapai. Kami sajikan tips mudah dalam menentukan makanan dan minuman yang bisa dengan leluasa kita konsumsi saat diet:

1. Hindari Gorengan Bertepung

Tips pertama adalah, hindari gorengan “bertepung.” Bagi sebagian orang sulit sekali untuk menghindari gorengan. Tetapi, mudah bila hanya gorengan bertepung.

Contohnya, ayam digoreng boleh. Tetapi, ayam digoreng memakai tepung menjadi ayam crispy atau ayam kentucky menjadi tidak boleh. Dada ayam yang digoreng tanpa tepung dan kulitnya ikut dimakan hanya sekira 181 cal, sedangkan dada ayam brand terkenal yang digoreng dengan tepung dan kulitnya dimakan sekira 520 cal, yang berarti 2 kali lipat lebih!

Dari sini dipahami, bahwa tepung yang digoreng selain memiliki karbohidrat lebih banyak, juga karena tepung cenderung mengikat minyak saat digoreng. Contoh lain, tempe digoreng boleh. Tempe menjadi tempe mendoan tidak boleh. Bakwan jelas dihindari.

2. Hindari Tepung

Contoh dari makanan bertepung yang perlu dihindari dari konsumis sehari-hari adalah donut, pizza, mie instan, dan sejenisnya. Makanan-makanan jenis ini mengandung kaori yang sangat banyak, sehingga menyempitkan jumlah makan kita. Selain itu, sebagian tepung memiliki kandungan gluten yang kurang baik bagi kesehatan usus kita. Tetapi ada satu jenis tepung yang boleh dikonsumsi dan kalorinya rendah, yaitu bihun. Bihun adalah pengecualian pada rekomendasi ini.

3. Perbanyak Makan Sayur

Sayur memiliki kalori yang kecil, hamper-hampir dalam dunia diet sayur tidak dihitung sebagai kalori yang masuk. Meski begitu manfaat sayur sangat banyak bagi kesehatan, salah satunya sebagai sumber mikronutrien tubuh, mineral, juga serat. Makan sayur yang banyak membuat lambung cepat penuh, sehingga membuat tubuh cepat merasa kenyang.

4. Minum Air Putih Sebelum Makan

Kenyang adalah sinyal yang dikeluarkan saat lambung terisi penuh. Artinya, untuk mencapai rasa kenyang, lambung harus terisi penuh. Kenyang tidak berhubungan dengan jumlah kalori yang masuk.

Minum air putih 1 gelas sebelum makan membuat lambung terisi terlebih dulu. Hal ini membuat makanan yang kita konsumsi lebih terbatas, karena tubuh cepat merasa kenyang. Hal ini sangat bermanfaat untuk membatasi kalori yang masuk agar terjadi defisit kalori.

5. Kurangi Minuman yang Mengandung Gula

Contoh kasus, kopi. Satu cangkir kopi hitam hanya sekira 2 cal, hampir tidak ada kalori sama sekali. Sedangkan secangkir kopi yang sudah diberi gula dan/atau creamer, sekira 90-110 cal atau hampir 50 kali lipatnya!

Asupan karbohidrat kita sehari-hari sebenarnya sudah banyak, termasuk dari nasi, ubi, dan kentang yang umum dikonsumsi masyarakat Indonesia. Karbohidrat di dalam tubuh akan dipecah semuanya menjadi glukosa. Jadi, bisa dikatakan bahwa kita tidak begitu perlu gula di dalam minuman sebagai asupan makronutrien tubuh.

Jika kita datang ke sebuah minimarket, tersaji berbagai macam minuman di kulkas pendingin. Kita dapat membaca di bagian informasi nilai gizi di bagian belakang kemasan, rata-rata kalori yang ada adalah “sumbangan” dari gula. Hal ini tentu tidak baik bagi kesehatan kita, gaya hidup tinggi gula dapat menggagalkan diet kita dan berisiko terkena penyakit diabetes di masa datang.

Memilih makanan dan minuman yang dikonsumsi menjadi sangat penting. Diet paling enak adalah tetap kenyang saat makan, tetapi kalori yang dimakan tidaklah berlebihan. Sehingga target defisit kalori sebagai langkah diet kita tetap tercapai tanpa tersiksa.

Selain pintar memilih jenis makanan dan minuman, kita pun harus pintar dalam menghitung target kebutuhan kalori tubuh dan menghitung kalori dari sepiring makanan atau cemilan yang ada di depan kita. Informasi ini sudah diulas dan bisa diklik di artikel kami yang berjudul : Bagaimana Diet Saat Berpuasa Supaya Berhasil?

Bila memiliki pertanyaan-pertanyaan seputar kesehatan, juga saran dan masukan dapat menghubungi kami di:

Semoga bermanfaat. #TubuhSehatIbadahKuat