Tips Belanja Aman Saat Pandemi Covid-19

Jakarta, relawan.id – Saat pandemi virus corona, semua orang mesti #JagaJarakDulu. Kalau mau belanja kebutuhan, coba ikuti saran dari para ilmuwan ini.

Ketika semua orang di dunia diminta diam di rumah, mereka masih boleh keluar untuk ke apotik atau ke supermarket dan toko untuk membeli sembako dan kebutuhan sehari-hari.

Namun, supermarket dan toko juga bisa jadi tempat penyebaran Covid-19. Oleh karena itu, para ilmuwan di Centers for Disease Control (CDC) Atlanta dan North Carolina State University (NC State) memberikan saran belanja yang aman saat wabah virus corona:

Sebelum belanja:

1 . Pikirkan baik-baik apa yang mau dibeli. Badan pengawas makanan Amerika (FDA) menyarankan, sekali belanja untuk stok 1-2 minggu.Coba layanan antar.

2. Layanan antar belanja sangat membantu mengurangi risiko tertular. Kalau memungkinkan di daerah Anda, silakan mencoba aneka aplikasi belanja sembako online yang punya layan antar.

3. Belanja di jam sepi. Cari tahu kapan toko atau supermarket langganan agak sepi, dan belanjalah pada jam tersebut.

4. Jangan bawa keluarga. Disarankan Anda belanja sendirian. Untuk saat ini, baiknya anak-anak tetap di rumah saja.

5. Jangan pergi belanja kalau punya gejala Covid-19. Menurut CDC Atlanta, Jika punya gejala, Anda harus tetap di rumah. Minta tolong kerabat atau orang lain yang belanja dan taruh belanjaan di depan pintu.

Saat berbelanja:

1 . Pakai hand sanitizer sebelum masuk toko dan setelah keluar dari toko.

2. Pakai tisu pembersih untuk membersihkan pegangan troli atau keranjang belanja dan alat gesek kartu di kasir.

3. Wajib pakai masker. CDC dan semua badan kesehatan sekarang mewajibkan semua orang pakai masker

4. Terapkan social distancing. Jaga jarak 2 meter dengan orang lain baik saat memilih barang atau di kasir.

5. Hanya pegang barang yang mau dibeli. Disarankan jangan pegang-pegang barang yang tidak dibeli, termasuk memilih-milih buah.

6. Jangan sentuh wajah, mata, hidung dan mulut dengan tangan yang belum dicuci.