Tips Atasi Kantuk Saat Sedang Berpuasa

Jakarta, relawan.id – Selain menahan lapar dan haus, ada satu lagi tantangan bagi kamu saat menjalani hari-hari berpuasa di bulan Ramadan. Iya, tantangan tersebut adalah menahan kantuk.

Apalagi, bagi mereka para pekerja. Jika biasanya mencamil snack atau meminum segelas air dapat segera mengusir kantuk, maka kali ini mereka harus mengakalinya dengan cara lain tanpa memasukkan sesuatu ke dalam mulut.

Untuk memperberat tantangan, kamu terpaksa harus ngabuburit di rumah sepanjang hari untuk menaati peraturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) agar menanggulangi angka penyebaran penyakit virus corona baru (Covid-19).

Oleh karena itu, inilah cara-cara menahan kantuk di bulan Ramadan.

1 . Mengapa kamu lebih gampang ngantuk saat bulan Ramadhan?

Penyebabnya adalah karena kamu harus bangun lebih pagi, yaitu jam 3 subuh untuk melaksanakan sahur. Belum lagi menyiapkan makanannya. Jika kamu tidak merencanakannya sebelumnya, kamu malah kehilangan waktu tidur.

Hal itu dibuktikan melalui sebuah studi oleh Faculty of Medicine and Pharmacy di Casablanca, Maroko, berjudul “Daytime sleepiness during Ramadan intermittent fasting: polysomnographic and quantitative waking EEG study”, yang dimuat dalam Journal of Sleep Research pada 2003.

Menurut penelitian tersebut, selama Ramadhan, rata-rata waktu tidur pulas (rapid eye movement/REM) berkurang hingga 40 menit karena menyiapkan makanan dan minuman untuk sahur.

Hasilnya, kantuk menyerang sepanjang hari. Selain REM yang berkurang, memang pada dasarnya, kantuk adalah salah satu tantangan dalam bulan Ramadan.

Saat berpuasa selama 14 jam, tubuh tidak menerima asupan dalam bentuk makanan atau minuman. Hal tersebut mengakibatkan penurunan pada produksi hormon melatonin, hormon yang membuatmu tetap bangun. Hal tersebut juga menyebabkan rasa kantuk datang di siang hari.

Namun, tidak mungkin, kan, kamu makan atau minum saat berpuasa. Jadi, apa yang dapat kamu lakukan untuk mengusir kantuk saat berpuasa?

2. Atur pola tidur dan jangan begadang

Cara pertama untuk tetap fresh di bulan Ramadhan adalah tidur lebih awal dan jangan coba-coba begadang, kecuali jika terpaksa.

Kalau sudah menyiapkan hal-hal yang sudah diperlukan untuk sahur, jangan tunda tidur. Jika ada yang masih harus dikerjakan, kerjakan secepatnya lalu tidur. Jangan coba-coba begadang.

Jika kamu terbiasa ngalong hingga tengah malam, di bulan Ramadhan ini, cobalah tidur lebih awal di jam 9 atau 10 malam. Malah menyehatkan untuk tubuhmu, lho!

Selain jam tidur lebih awal, buatlah kondisi tidur nyaman agar kualitas tidur tetap terjaga. Saat bangun, kamu akan merasa lebih segar dan kantuk pun takkan menyerang.

Hal ini bisa kamu lakukan dengan cara memakai masker mata sebelum tidur, menyalakan pendingin ruangan agar sejuk, dan mematikan lampu agar tidurmu tidak terganggu oleh cahaya lampu.

3. Mengobrol dengan teman membuatmu kebal dari kantuk

Saat mengobrol dengan sahabat, tanpa terasa, waktu sudah berlalu begitu cepat. Kalau begitu, gunakan kesempatan itu untuk tetap terjaga, dengan menggunakan fitur voice call atau video call pada media sosial agar kamu tetap bisa terhubung. Masih ada WhatsApp, LINE, Messenger, Skype hingga Zoom; pilih senyamanmu.

Tahukah kamu, berbincang dapat meningkatkan konsentrasi, lho! Apalagi, jika topik pembicaraan mengasyikkan atau cukup berat, maka pikiranmu akan ikut terbawa untuk berpikir lebih serius, sehingga kantuk pun tidak terasa.

4. Aktif gerakkan tubuh untuk usir kantuk

Sementara kamu melakukan segala aktivitasmu di rumah, cobalah untuk tetap aktif menggerakkan badanmu. Aktivitas seperti jogging atau stretching ringan pun dapat membuatmu lebih terjaga.

Ingat, jika jogging, jangan jalan terlalu jauh atau hindari berdekatan dengan orang, agar tetap aman dari Covid-19. Buktinya adalah sebuah penelitian pada 1987 berjudul “Energy, tiredness, and tension effects of a sugar snack versus moderate exercise” oleh Robert E. Thayer, profesor psikologi dari California State University.

Pada penelitian tersebut, Thayer mengatakan bahwa berjalan kaki selama 10 menit dapat menghasilkan energi cukup untuk 2 jam! Malah, Thayer mengatakan bahwa berjalan kaki lebih ampuh dibandingkan mencamil permen.

Kantuk biasa disebabkan karena sirkulasi oksigen ke otak terhambat. Dengan berjalan kaki selama 10 menit saja, tubuh mengedarkan oksigen lebih cepat ke seluruh tubuh dan otak. Itulah yang mengusir kantuk.

5. Jangan hanya terpaku pada layar komputer

Para pekerja, kalau kamu ingin tidak cepat ngantuk di bulan Ramadhan, sekali-sekali cobalah untuk mengganti pemandangan, jangan hanya terpaku pada layar komputer.

Seperti yang kamu sering dengar, memandang layar komputer terlalu lama dapat membuat matamu lelah. Jika lelah, mata akan lebih rentan tertutup. Ditambah rasa kantuk yang menyerang, kamu sudah pasti akan terlelap.

Jadi, cobalah untuk bangun dari kursimu dan lihat pemandangan di luar jendela. Nikmati langit yang cerah selama 20 detik untuk mengistirahatkan matamu dari radiasi layar komputer. Lakukan ini selama 20 menit sekali.

Jika cara ini tidak berhasil, maka cobalah untuk mencari tempat yang lebih terang, atau keluar dari ruangan sejenak untuk menerima sinar matahari.

Percayakah kamu, pencahayaan dapat memengaruhi kantuk. Kalau kamu terlalu lama berada dalam ruangan dengan pencahayaan minim, tubuh akan menangkap minimnya cahaya sebagai tanda untuk beristirahat.

6. Cari hiburan di dunia maya

Teknologi dan internet sudah berkembang begitu pesat! Manfaatkan hal tersebut untuk menghibur dirimu agar tidak dininabobokan oleh rasa kantuk.

Sisihkan sekitar 5 menit untuk berselancar di internet untuk mengusir kebosanan. Cobalah kunjungi situs portal berita (seperti yang kamu lakukan saat ini), tonton video lucu di YouTube, streaming film atau seri drama kesukaanmu, atau cari resep-resep masakan untuk kamu coba saat berbuka puasa nanti.

7. Cuci muka

Jika kamu ingin tidak mengantuk lagi, gunakan cara lama yaitu mencuci muka. Saat kantuk menyerang, segera beranjak dari tempat dudukmu dan pergi ke toilet sebentar, lalu mulailah membasuh wajahmu dengan air yang mengalir.

Kalau perlu, pakai air dingin. Itu akan langsung membuatmu segar bugar.

8. Cobalah power nap

Kamu pernah mendengar istilah power nap? Itu adalah pola tidur siang singkat untuk mengisi tenagamu tanpa menghalangi produktivitas. Nah, ini adalah senjata terakhirmu untuk mengusir kantuk yang benar-benar sudah tidak tertahankan.

Jangan paksa tubuhmu untuk mengerjakan pekerjaan berat saat benar-benar mengantuk. Hal tersebut sangat tidak produktif.

Kamu diberikan waktu sekitar 1 jam untuk beristirahat kerja. Sisihkan waktu sekitar 25 – 30 menit untuk power nap. Jika rata-rata 40 menit REM terkuras untuk sahur, maka power nap efektif untuk menggantikannya.