MRI-ACT Aceh Implementasikan Paket Ifthar untuk Santri

Aceh, relawan.id – Masyarakat Relawan Indonesia (MRI-ACT) Aceh bekerja sama dengan PT. Pertamina (Persero) – Sales Retail Aceh melakukan implementasi paket ifthar untuk Yayasan Dayah Mulia, Desa Teupin Bate, Blang Bintang dan Dayah Tgk Chik Disampang, Meunasah Tutong, Montasik, Selasa (5/5/2020).

“Alhamdulillah selesai sudah implementasi paket ifthar gratis dari Pekerja PT. Pertamina Sales Retail Aceh bekerja sama dengan MRI-ACT Aceh. Target terakhir hari ini salah satunya adalah Yayasan Dayah Mulia yang terletak di Desa Teupin Batee, Blang Bintang,” ujar Humas MRI Aceh, Astri Maulida.

Astri mengungkapkan sejak pandemi ini, pihak Dayah terpaksa memulangkan sebagian santrinya ke kampung halaman masing-masing, hal itu dilakukan untuk memenuhi himbauan pemerintah terkait belajar secara online, meskipun tidak semua anak-anak di Dayah ini menggunakan handphone android karena kebanyakan mereka adalah berasal dari kelurga kurang mampu.

“Hal itu juga yang membuat Dayah masih menampung sebagian santri-santri yang tidak lagi memiliki orang tua, demi berjalan lancarnya proses belajar mengajar ilmu agama,” tuturnya.

Begitupun Dayah Tgk Chik Disampang, meskipun sebagian santrinya masih berasal dari daerah yang sama yaitu Aceh Besar, jumlah santrinya sudah tergolong banyak, diantaranya yaitu pemuda sekitaran Gampong yang keseharian mereka bekerja sebagai tukang bangunan. Bahkan terdapat diantara mereka bahkan menjadi guru pengajian.

“Hal ini tentu patut kita apresiasi, salah satunya adalah dengan mengantarkan berbagai paket Ifthar kepada santri yang rutin berada di Dayah, apalagi melihat kondisi ekonomi Dayah tradisional seperti ini tergolong memprihatinkan selama Covid-19,” ungkapnya.

“Semoga aksi dan kegiatan-kegiatan seperti ini mampu menarik minat para dermawan dimanapun berada untuk kita sama-sama terus memperhatikan kesejahteraan saudara disekitar kita, Aamiin,” tambahnya.