Selain Berpuasa, Tilawah Al-Quran Amalan Utama di Bulan Ramadhan

Jakarta, relawan.id – Salah satu amalan yang utama di bulan Ramadhan adalah tilawah Al-Quran. Inilah bulan diturunkannya Al-Quran dan yang dikenal dengan nama Syahrul Quran. Kaum muslimin di mana pun menjadi akrab dengan Al-Quran saat Ramadhan datang menjelang, ada yang sibuk dengan tadarus, tilawah, menghafal, dan mentadaburinya.

Dialah Al-Quran yang membawa keberkahan. Berkah pada malam turunnya, yaitu Lailatul Qadr. Berkah kepada malaikat pembawanya, Jibril ‘alaihis salam. Berkah kepada Nabi penerimanya hingga dia menjadi penghulu seluruh Nabi, yaitu Muhammad SAW dan berkah bagi setiap orang yang membaca dan mengamalkannya.

Ramadhan Bulan Al-Quran

Allah SWT berfirman tentang hubungan spesial antara bulan Ramadhan dan Al-Quran

“Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Quran,” (QS. Al-Baqarah: 185)

Dikarenakan bulan Ramadhan adalah bulan spesial bersama Al-Quran, maka inilah juga yang dilakukan oleh baginda Rasulullah SAW:

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu,

“Dahulu Jibril mendatangi dan mengajarkan Al-Quran kepada Nabi SAW setiap tahun sekali (pada bulan Ramadhan). Pada tahun wafatnya Rasulullah SAW, Jibril mendatangi dan mengajarkan Al-Quran kepada beliau sebanyak dua kali (untuk mengokohkan dan memantafkannya).” (HR. Bukhari)

Bacalah Al-Quran dan Sempatkan Khatam

Membaca dan mengkhatam Al-Quran adalah amalan yang paling dicintai Allah. Ibnu Abbas RA menceritakan bahwa suatu hari, ada seorang sahabat yang bertanya kepada Rasulullah SAW. ‘‘Wahai Rasulullah, amalan apakah yang paling dicintai Allah?” Beliau menjawab, ”Al-hal wal murtahal.” Orang ini bertanya lagi, ”Apa itu al-hal wal murtahal, wahai Rasulullah?” Beliau menjawab, ”Yaitu yang membaca Alquran dari awal hingga akhir. Setiap kali selesai ia mengulanginya lagi dari awal.” (HR Tirmidzi).

Nikmatilah Ramadhan Anda bersama Al-Quran sebab jika bulan Ramadhan digabungkan dengan Al-Quran yang mulia maka itu akan amat menambah kemuliaan diri Anda di sisi Allah.

Kemuliaan Mereka yang Menjadi Sahabat Al-Quran

Jika Anda kerap mengakrabkan diri dengan Al-Quran, maka Anda akan menjadi shahibul Quran (sahabat Al-Quran) istilah ini tersirat dalam hadits Rasulullah SAW.

“Akan dikatakan kepada sahabat Al-Quran ‘Bacalah dan naiklah (ke derajat yang tinggi), serta tartilkanlah sebagaimana kamu mentartilkannya ketika di dunia, karena kedudukanmu pada akhir ayat yang kamu baca.” (HR. Tirmidzi)

Dalam hadits di atas disebutkan bahwa mereka yang suka membaca Al-Quran akan terus ditinggikan derajatnya di akhirat. Itu adalah salah satu kemuliaan bagi mereka yang menjadi sahabat Al-Quran. Lalu apa saja keutamaan lain bagi mereka yang akrab dengan Al-Quran?

  • Perniagaan yang tak pernah merugi
  • Menjadi manusia terbaik
  • Bersama malaikat di surga
  • Mendapat syafaat
  • Menjadi muslim yang wangi

Disarikan dari buku 30 Amalan Dahsyat Menangkan Ramadhan yang ditulis Ustadz Bobby Herwibowo Lc