Demi Kesehatan Jiwa, Batasi Informasi Covid-19

Jakarta, relawan.id – Paparan informasi dan pemberitaan yang berlebihan terkait Covid-19, rentan menyebabkan seseorang alami masalah kejiwaan. Oleh karena itu, ada sejumlah hal yang sebaiknya mereka lakukan terkait hal ini.

Dokter spesialis kejiwaan Lahargo Kembaren merekomendasikan orang-orang untuk membatasi diri dari informasi soal Covid-19 secara berlebihan maupun yang belum diketahui kebenarannya.

“Kecemasan, kekhawatiran, itu bisa muncul akibat terlalu banyaknya kita menonton, membaca, dan mendengarkan informasi yang berlebihan,” kata Lahargo, Kamis (7/5/2020).

“Mengambil jarak sejenak dari informasi tersebut akan baik untuk kesehatan jiwa kita,” kata dokter yang tergabung dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia itu menambahkan.

Salurkan ke Kegiatan Positif

Hal lain yang bisa dilakukan adalah dengan memilah informasi soal Covid-19 yang didapatkan. Lahargo mengatakan, carilah sumber yang akurat dan bisa dipercaya.

“Dengan membaca sumber yang keliru, itu akan membuat kita menjadi lebih cemas, lebih khawatir dan memungkinkan untuk memunculkan masalah kesehatan jiwa,” ujarnya.

Selain itu apabila muncul perasaan tidak nyaman, salurkanlah dengan kegiatan-kegiatan yang positif.

“Hindarilah merokok, hindari minum alkohol atau narkoba untuk mengatasi perasaan tidak nyaman. Karena itu tidak akan menyelesaikan masalah. Apabila kita merasakan stres, perasaan yang tidak enak, segeralah berkonsultasi ke profesional kesehatan jiwa,” ujarnya.