Pahala Umrah Saat Ramadhan Setara dengan Haji

Jakarta, relawan.id – Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah. Segala ibadah dan kebaikan yang ada di dalamnya akan dibalas dengan pahala yang berlipat ganda. Dan salah satu ibadah yang dianjurkan dilakukan di bulan Ramadhan selain puasa ramadhan dan cara pelaksanaannya yang merupakan rukun Islam, melakukan ibadah umrah di bulan Ramdhan juga sangat disarankan. Hal ini karena terdapat keutamaan ibadah umrah dan pahala khusus di bulan Ramadhan.

Umrah adalah mendatangi rumah Allah SWT di Mekkah, sekaligus berziarah ke makam baginda Nabi Muhammad SAW di Madinah. Bagi mereka yang berkelapangan dan berkesempatan, hendaknya melakukan umrah di bulan Ramadhan sebab keutamaannya amat luar biasa. Berikut ini adalah dalil tentang keutamaan ibadah umrah di bulan Ramadhan:

Dari Ibnu Abbas RA, Rasulullah SAW bertanya pada seseorang mengapa engkau tidak ikut haji bersama kami?” lalu Rasululah SAW bersabda.

“Jika Ramadhan datang, umrah-lah saat itu karena umrah Ramadhan setara dengan haji.” (HR. Bukhari-Muslim)

Hadis ini menjelaskan tentang keutamaan (fadhal) melakukan umrah di bulan ramadhan, sekalipun dalam hadits tersebut menyinggung soal pahala umrah yang dilakukan pada bulan ramadhan adalah senilai dengan pahala haji. Sekalipun pahalanya telah setara dengan haji, tapi tetap tidak bisa menggugurkan kewajiban haji.

Dalam lafaz Muslim disebutkan, “Umrah bulan Ramadhan senilai haji.” (HR. Muslim)

Dalam lafaz Bukhari yang lain disebutkan, “Sungguh umrah Ramadhan seperti haji bersamaku.” (HR. Bukhari)

Imam Nawawi RA berkata, “Yang dimaksud adalah umrah Ramadhan mendapati pahal seperti pahala haji, namun bukan berarti umrah Ramadhan sama dengan haji secara keseluruhan. Sehingga jika seseorang punya kewajiban haji, lalu ia berumrah di bulan Ramadhan, maka umrah tersebut tidak bisa menggantikan haji tadi,” (Syarh Shahih Muslim, 9:2)

Disarikan dari buku 30 Amalan Dahsyat Menangkan Ramadhan yang ditulis Ustadz Bobby Herwibowo Lc