Bantu Korban kebakaran, MRI-ACT Berikan Bantuan Sembako

Bima, relawan.id – Masyarakat Relawan Indonesia (MRI-ACT) Bima Raya membantu korban kebakaran Desa Ngali, Kecamatan Belo, Kabupaten Bima. ”Bantuan tahap pertama berupa sembako, peralatan dapur, perlengkapan tidur, dan pakaian layak pakai,” kata koordinator MRI-ACT Bima Raya, Khairul Juhdi, Ahad (17/5/2020).

Dalam penyerahan bantuan itu, MRI-ACT mengajak perwakilan donatur untuk ikut serta dalam distribusi bantuan tersebut.

Kebakaran hebat melanda desa tersebut, Jumat (8/5). Puluhan rumah ludes terbakar. Perkampungan padat penduduk dengan rumah panggung membuat api cepat menyebar. Diduga kebakaran ini disebabkan arus pendek listrik, pukul 08.30 pagi, yang terjadi di salah satu rumah.

Sehari setelah kebakaran, tim MRI-ACT langsung melakukan assesment di lokasi kebakaran, mendata kebutuhan para penyintas yang menjadi korban kebakaran. Tim relawan kemudian menggalang donasi di beberapa sekolah dan komunitas.

Khairul menjelaskan, tahap pertama mereka menyalurkan bantuan yang paling dibutuhkan warga berupa sembako, alat masak dan pakaian layak pakai. ”Karena kebanyakan korban tidak sempat menyelamatkan harta bendanya,” jelasnya.

Bantuan yang terkumpul dibungkus menjadi ratusan paket pangan yang bisa dibagikan ke warga. ”MRI Bima raya terus membuka penggalangan bantuan untuk para korban kebakaran,” katanya.

Bantuan langsung akan didistribusikan kepada warga korban kebakaran. Bantuan yang paling di butuhkan berupa sembako, selimut, personal hygenis dan perlengkapan masak.