Tips Jaga Kesehatan Jelang Idul Fitri

Jakarta, relawan.id – Menjelang hari raya Idul Fitri atau lebaran, tubuh harus selalu sehat agar momen spesial ini bisa dilewatkan dengan baik dan jangan biarkan penyakit merusak suasana perayaan hari kemenangan tersebut.

Ada banyak cara alami yang bisa dilakukan untuk menyehatkan tubuh, sehingga momen lebaran Anda tidak akan terganggu. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ulasan mengenai cara agar tubuh tetap sehat menjelang lebaran.

1. Pola Makan Sehat

Menu makanan sehat yang dikonsumsi saat sahur atau berbuka tidak boleh dilupakan walau Ramadhan akan berakhir. Sebab, makanan bergizi akan menjadi sumber energi selama berpuasa.

Disarankan sayur-sayuran, buah, dan biji-bijian utuh seperti oat dan nasi merah tersedia di menu sahur. Tak hanya sahur, saat makan malam juga harus memilih makanan yang sehat.

Walau berpuasa, tetap batasilah makanan tinggi lemak dan gula. Pastikan Anda selalu konsumsi hidangan sehat dan seimbang yang terdiri dari karbohidrat, serat, dan protein. Banyak menu sederhana yang bisa dipilih seperti nasi, bayam, serta ikan.

2. Hindari Makanan Tinggi Gula

Menjelang lebaran, banyak hidangan makanan yang mengandung kadar gula tinggi seperti aneka kue kering, minuman manis, dan lain sebagainya. Meski tak dilarang, sebaiknya perhatikan jumlah gula yang dikonsumsi.

Gula memang dibutuhkan tubuh, namun jika berlebihan bisa menyebabkan penyakit diabetes. Penyakit inilah yang pastinya bisa membahayakan kesehatan.

Menghindari hal tersebut, sebaiknya Anda harus mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan setiap hari untuk membantu menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh.

3. Penuhi Cairan Tubuh

Kekurangan cairan tubuh akan menyebabkan dehidrasi yang bisa menjadi pemicu lemas, sakit kepala, dan sulit berkonsentrasi. Jadi Anda harus memastikan cairan tubuh tercukupi agar selalu terhidrasi.

Penuhilah cairan tubuh dengan minum air putih bukan minuman berasa. Disarankan minumlah air putih sebanyak 8 hingga 10 gelas setiap harinya.

4. Tetap Berolahraga

Olahraga sangat penting untuk membuat tubuh tetap segar dan sehat. Tak perlu pergi ke gym karena banyak jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

Terlebih menjelang lebaran, membersihkan rumah bisa menjadi sarana olahraga alternatif yang bisa dilakukan. Pekerjaan rumah seperti menyapu dan mengepel lantai mampu membakar hingga 160 kalori sekitar 20 menit.

Kegiatan tersebut bisa dilakukan menjelang berbuka puasa agar tidak terlalu merasa lelah. Perhatikan juga semua bahan pembersih yang digunakan harus tetap sehat. Hal ini dikarenakan beberapa bahan pembersih bisa menyebabkan iritasi ataupun alergi.

Jadi sebaiknya gunakanlah pembersih yang terbuat dari bahan alami, memiliki pH netral, dan bisa terurai secara alami (biodegradable).

5. Istirahat Cukup

Tubuh juga harus butuh istirahat yang cukup. Jika kurang istirahat tentu akan berdampak buruk bagi kesehatan mulai dari sistem pencernaan terganggu hingga kekebalan tubuh menurun.

Kesibukan membuat kue, membersihkan rumah, dan meningkatkan kesempatan beribadah dengan tahajud dan iktikaf selama 10 hari terakhir Ramadan mungkin bisa menyebabkan waktu tidur di malam hari berkurang.

Namun jangan khawatir, tidur siang bisa menggantikan waktu istirahat. Sebab, istirahat yang cukup dapat meningkatkan energi dan kewaspadaan, memperbaiki suasana hati, serta meningkatkan daya ingat.