Kebiasaan Sepele ini Dapat Berujung Pada Penyakit Kronis

Jakarta, relawan.id – Serangkaian aktivitas yang kita lakukan sepanjang hari, pada akhirnya akan menentukan kesehatan kita. Termasuk kebiasaan sepele yang sebenarnya bisa berdampak buruk bagi kesehatan kalau terus menerus dilakukan.

Ada banyak perilaku buruk yang sangat sering dilakukan yang tanpa kita sadari bisa berdampak buruk.

1. Memencet jerawat dengan tangan

Jerawat memang masalah kulit yang sangat menyebalkan. Memiliki satu jerawat saja pasti langsung melakukan berbagai cara untuk menghilangkannya. Padahal memencet jerawat, terutama dibagian sekitar hidung dan mulut, bisa berakibat fatal jika dilakukan dengan tangan yang kotor. Zona segitiga di wajah memiliki pembuluh darah yang menyambung ke otak. Kalau sampai terjadi infeksi, efeknya bisa separah kelumpuhan, kehilangan penglihatan, bahkan kematian.

2. Mengucek mata

Selain dapat menyebabkan infeksi, mengucek mata dengan tangan juga dapat berpengaruh pada bentuk kornea mata. Tekanan dari tangan dapat mengubah bentuk kornea. Akibatnya, mata jadi susah untuk melihat dengan jelas tanpa bantuan kacamata. Kalau mata terasa gatal, jangan dikucek, beri tetes mata saja.

3. Tidur dengan gadget di dekat kepala

Hampir semua jenis radiasi yang dipancarkan oleh gadget berdampak buruk bagi kesehatan. Kalau diletakkan dekat dengan posisi tidur kita, radiasi elektromagnetik itu bisa mengganggu istirahat otak. Membuat otak jadi susah berkonsentrasi. Bahkan yang lebih parah, bisa menyebabkan tumor dan kerusakan sel otak. Apalagi kalau ponsel sedang di charge atau tidak di mode pesawat, dampaknya akan lebih berbahaya lagi.

4. Mencuci pakaian di laundry

Jasa mencuci dan menyetrika pakaian di laundry memang sangatlah praktis. Tinggal taruh dan pakaian bisa digunakan lagi. Padahal, ada banyak virus dan bakteri yang bisa bertukar dalam air cucian pakaian. Terlebih ketika di laundry.

Meskipun begitu, bukan berarti gak boleh mencuci di laundry sama sekali. Tapi kalau bisa, cari tempat laundry yang sekiranya bersih dan terjamin. Selain itu, usahakan untuk mencuci pakaian dalam sendiri supaya bagian tubuh yang intim bisa lebih terjaga.

5. Duduk bersilang kaki

Kadang, duduk bersilang kaki terasa lebih nyaman. Tapi ternyata, menyilangkan kaki bukanlah pose yang bagus untuk keseimbangan tulang belakang. Posisi panggul yang bengkok karena menahan beban sebagian tubuh akan menimbulkan nyeri pada leher dan punggung. Terlalu lama duduk menyilang juga rentan terhadap pembengkakan pembuluh darah yang ada di kaki.

6. Menahan Kentut

Siapa sih yang gak malu buat kentut sembarangan? Pasti kebanyakan orang lebih memilih menahan kentut daripada risiko berbunyi nyaring dan berbau busuk. Kentut adalah udara yang terjebak dalam perut, yang biasanya disebabkan oleh cara makan atau jenis makanan tertentu. Menahan kentut bisa membuat otot-otot dubur menegang dan mengakibatkan wasir. Selain itu, menahan kentut juga terasa tak nyaman karena perut jadi begah, mual, dan sulit BAB.

7. Makan sambil tengkurap

Rasanya sulit buat menolak nikmatnya tiduran santai sambil ngemil makanan. Posisi makan sangat mempengaruhi proses pencernaan. Kalau sambil tiduran, pergerakan makanan akan lambat. Akhirnya dinding perut jadi kaku dan terasa tidak nyaman. Posisi tengkurap juga membuat asam lambung naik, membuat maag jadi kambuh. Bagi yang sedang diet, makan sambil tiduran juga bisa membuat seseorang tidak sadar seberapa banyak jumlah makanan yang dikonsumsi.