MRI-ACT Bogor Implementasikan Bantuan untuk Pelaku UMKM

Bogor, relawan.id – Pandemi corona atau Covid-19 benar-benar memukul bisnis, termasuk sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Betapa tidak, mereka harus menghadapi kenyataan anjloknya pemasaran akibat berkurangnya pembeli yang bertumpuk dengan terpukulnya daya beli masyarakat.

Merespon hal itu, Masyarakat Relawan Indonesia (MRI-ACT) membantu para pelaku UMKM yang kini menghadapi dampak dari pandemi ini, melalui Sedekah Modal Usaha Program Sahabat UMI (Usaha Mikro Indonesia).

Kegiatan ini dilakukan di 3 tempat yaitu,

  1. Pasar Anyar, Jalan Dewi Sartika, Kelurahan Cibogor, Bogor Tengah.
  2. Kampung Bojong Baru Rt/Rw 03/02 Pasir Kuda, Bogo Barat
  3. Kampung Bantar Kemang Rt/Rw 03/07 Baranangsiang, Bogor Timur

“Alhamdulillah, hari ini kami menyalurkan amanah para dermawan melalui program sahabat UMI, semoga kegiatan ini bisa bermanfaat bagi mereka yang kini terdampak pandemi Covid-19 ini,” ungkap relawan MRI Bogor, Khisnul Khasanah, Senin (01/06/2020).

Sementara itu, salah satu penerima manfaat, Erna Trisnawati mengatakan bahwa dirinya sudah sejah tahun 2014 ditinggal suaminya dan harus mencukupi kebutuha sehari-hari dengan berjualan nasi dan lau di Pasar Anyar. Tapi, sejak pandemi Covid-19 dirinya tidak bisa berjualan karena sepi pembeli, akhirnya selama Covid-19 dan Ramadhan tutup total. Dia mengaku penghasilan per-hari paling besar 150 ribu.

“Dan Alhamdulillah, Senin (01/06/2020) kemarin saya mulai jualan lagi, karena modal dari ACT, semoga ACT bisa terus menolong orang seperti saya,” ujar Erna.