Terkena Dampak Covid-19, MRI-ACT Sulteng Berikan Bantuan untuk Pelaku UMKM

Sulteng, relawan.id – Masyarakat Relawan Indonesia (MRI-ACT) Sulawesi Tengah terus berikhtiar membantu masyarakat yang membutuhkan, terutama mereka yang terkena dampak pandemi Covid-19, melalui program Usaha Mikro Indonesia (UMI), Selasa (2/6/2020).

Sahabat UMI adalah program yang berfokus untuk membantu ibu-ibu pelaku usaha mikro yang usahannya ikut terkena dampak dari Covid-19, sehingga mereka tidak bisa berjualan atau usahannya terpuruk. Dengan adanya program ini akan membantu usaha mereka yang sedang jatuh.

“Semoga bantuan ini bisa bermanfaat, terlebih mereka yang sudah tidak bisa berjualan lagi, karena modal usahanya terpakai untuk kebutuhan sehari-hari,” ujar salah satu relawan, Ferel Rahmat, di Jalan Pramuka, Kecamatan Sigi Biromaru, Desa Biromaru, Sigi.

Sementara, Reni, salah satu penerima manfaat mengaku mengalami penurunan sejak pandemi ini, yang dulunya bisa menyisihkan hasil jualannya untuk di tabung sekarang hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan harian.

Selama pandemi ini, Reni yang berjualan pop ice hanya mendapatkan 40 ribu sampai 70 ribu, padahal sebelum pandemi ini, Reni bisa mendapatkan 100 ribu hingga 200 ribu. Oleh karena itu, Reni menambah jualannya dnegna menjual es kelapa muda. Tetapi penghasilan Reni juga tak seberapa karena adanya peraturan PSBB yang ditetapkan oleh pemerintah.

Reni sangat bersyukur dengan adanya program ini, sehingga bisa membantu usahanya bangkit lagi. “Alhamdulillah saya sangat bersyukur dengan adanya bantuan ini, sehingga saya bisa mendapatkan modal tambahan untuk berjualan, terima kasih Sahabat UMI,” ungkap Reni.