Bantu Kebutuhan Makan, MRI-ACT Bagikan Makanan Gratis

Balikpapan, relawan.id – Mendukung kebutuhan makan masyarakat selama Ramadhan dan pandemi Covid-19, MRI-ACT Kalimantan Timur terus membagikan makanan gratis. Aksi yang sudah berlangsung sekitar April lalu semakin digencarkan saat Ramadhan. MRI-ACT Kaltim pun menggandeng berbagai komunitas lokal untuk berkolaborasi setiap Jumat. Melalui program Iftar Akbar pada Jumat (22/5/2020) lalu, puncak Operasi Makan Gratis dilakukan dengan membagikan lebih dari 2.000 porsi.

“Alhamdulillah target kami yang tadinya hanya 2.020 porsi, untuk hari Jumat terakhir di Ramadan, bisa tembus hingga 2.500 porsi. Jika dikalkulasi sejak awal, total hampir 5.000 penerima manfaat yang merasakan program ini. Kami sangat bersyukur karena masyarakat Balikpapan sangat dermawan,” kata Koordinator Program MRI Kaltim, Alfa Siera.

Alfa mengatakan, paket makanan ini berisikan kudapan, nasi lengkap, dengan lauk sahur dan protein, air minum dan buah.

Kolaborasi antar komunitas ini melibatkan Sijum Balikpapan, Balikpapan Youth Spirit, Gerakan Kebaikan Balikpapan, Donasi Ceria, Let’s Go Sedekah, Ikhtiar Bumi, Kurir Kebaikan, Gerakan Mukena Bersih, Gerakan Roti Syaban, Sedekah Seribu Sehari, dan masih banyak lagi.

Operasi Makan Gratis ini juga ditujukan untuk berbagai segmen sosial, mulai dari panti asuhan, pesantren, rumah tahfidz, petugas medis, guru mengaji, petugas SPBU, masyarakat prasejahtera, dan pekerja informal. Program ini menjangkau masing-masing kecamatan di Balikpapan, antara lain Balikpapan Selatan, Balikpapan Utara, Balikpapan Barat, Balikpapan Kota, hingga Balikpapan Timur.

“Terima kasih banyak MRI-ACT, makanan gratis ini sangat meringankan kami apalagi sepulang kerja gini, jadi bisa menghemat semoga program-program seperti ini dapat terus ada dan bisa jadi inspirasi masyarakat banyak di luar sana,” ungkap rasa syukur Asih, petugas kebersihan di Kota Balikpapan.

Selain Operasi Makan Gratis, MRI-ACT Kaltim juga telah mendistribusikan lebih dari seribu paket pangan kepada masyarakat. Kini, serentak di seluruh cabang ACT, program Sahabat Usaha Mikro Indonesia tengah digencarkan. Program ini ditujukan untuk para ibu rumah tangga yang menjadi tulang punggung keluarga dengan memiliki usaha menengah ke bawah.