Di Tengah Pandemi, Global Qurban-ACT Akan Salurkan Hewan Kurban ke Berbagai Daerah

Jakarta, relawan.id – Labbaik Allahumma Labbaik, Labbaika la syarika laka labbaik inna al hamda wa an ni’mata laka wa al mulk la syarika laka.

Kalimat yang biasa menggema sebagai tanda hadirnya Hari Raya Iduladha, pada tahun 2020 ini tak akan senyaring tahun-tahun sebelumnya. Indonesia menyatakan tak memberangkatkan calon jemaah hajinya. Padahal umat Islam Indonesia menjadi salah satu jemaah terbanyak yang berangkat haji tiap tahun. Adanya wabah Covid-19 menjadi alasan, tujuannya untuk meminimalisir penyebaran virus.

Ada ratusan ribu umat Islam Indonesia yang pada tahun ini harus rela batal menunaikan ibadah hajinya. Padahal, tak sedikit dari mereka yang telah menunggu bertahun-tahun untuk mendapatkan kuota, mengumpulkan dana, serta belajar banyak hal. Batalnya ibadah bukan sebuah kesedihan belaka, tapi ini dilakukan demi kebaikan bersama dalam menekan angka penyebaran Covid-19.

Bagi yang tak bisa menjalankan ibadah haji, mereka masih bisa menunaikan ibadah kurban. Ibadah yang penuh sejarah, penuh makna dari Nabi Ibrahim. Ibadah yang melambangkan penyerahan manusia atas perintah Allah. Berkuban sebagai langkah memenuhi panggilan dari Allah, labbaik, juga sebagai bentuk tetap dalam ketaatan beribadah di tengah wabah Covid-19 seperti sekarang ini.

Untuk itu, Global Qurban – ACT pada Iduladha 1441 Hijriah ini mengusung tema Labbaik Qurban Terbaik. Sebuah tema yang menjadi cerminan tetap patuh pada perintah tuhannya, dalam hal ini berkurban. Walau tengah berlangsung pandemi yang mempengaruhi berbagai sektor, termasuk kesehatan hingga perekonomian.

Presiden Global Qurban – ACT Hafit Timor Mas’ud mengatakan, labbaik menjadi seruan manusia untuk datang menjalankan perintah tuhannya. Sayang, tahun ini yang sangat istimewa dengan adanya wabah harus direlakan dengan tak bisa menjalani ibadah haji. Namun, seruan ibadah lain bisa tetap dilaksanakan, yaitu kurban di tengah pandemi Covid-19.

“Labbaik berasal dari ajaran agama, Nabi Ibarahim, sebagai bentuk ketaatan dan pengikhlasan atas perintah Allah. Maka dari itu, selaras dengan tema kurban dari Global Qurban, Labbaik Berqurban Terbaik, mengikuti perintah agama dengan menyembelih hewan kurban terbaik,” jelas Hafit, dilansir dari ACTNews, Senin (8/6/2020).

Melalui tema Labbaik Berqurban Terbaik, Global Qurban – ACT ingin mengajak masyarakat untuk menunaikan ibadah kurban di masa pandemi yang memberi dampak signifikan di berbagai aspek kehidupan ini. Global Qurban yakin, masyarakat Indonesia tak pernah lemah dalam berbuat baik, termasuk dalam berkurban yang akan Global Qurban salurkan untuk masyarakat prasejahtera nantinya.

“Insyaallah, kami akan menyalurkan hewan kurban masyarakat Indonesia ke berbagai daerah, khususnya yang dihuni masyarakat prasejahtera dan episentrum penyebaran Covid-19. Akan ada ratusan hewan kurban setara kambing yang disembelih dengan jutaan penerima manfaat. Global Qurban juga mengirimkan hewan kurbannya, khususnya ke negara yang sedang dirundung konflik kemanusiaan,” pungkas Hafit.