Bantu Pelaku UMKM, MRI-ACT Sumut Implementasikan Sahabat UMI

Sumut, relawan.id – Penyebaran virus corona atau Covid-19 memiliki dampak yang begitu besar, tak hanya bagi kesehatan tapi bagi ekonomi masyarakat, khususnya para pelaku usaha UMKM yang kini jualannya sepi pembeli, akibat pandemi ini.

Hal itulah yang dirasakan oleh Nining, penjual mie balap. Dia mengaku sebelum Covid-19 ini, Nining mampu memenuhi kebutuhan keluarga, tapi kini setelah Covid-19 melanda di Indonesia penjualan sangat menurun drastis, dikarenakan banyak warga yang sudah tidak bekerja lagi dan tidak memiliki uang untuk membeli dagangannya.

“Tak hanya itu, bahan untuk membuat mie balap belakangan ini sangat lah tinggi dibandingkan sebelum Covid-19,” ujar Nining, Rabu (10/6/2020).

Selain itu, Nining juga mengeluhkan bayaran sekolah anaknya yang sekarang menginjak di bangku SMA dan SD. Meski sekarang belajar dilakukan di rumah, tapi Nining harus tetap bayar uang sekolah.

“Kadang-kadang saya bingung gimana bayarnya, sekarang saya jualan di sekitar pergudangan kayu putih, semoga masyarakat masih ada yang mau beli dagangan saya,” tutur Nining.

Oleh karena itu, untuk membantu mereka yang tengah membutuhkan, Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Sumatera Utara melakukan implementasi sahabat Usaha Mikro Indonesia (UMI).

Humas MRI Sumut, Romy Falsa berharap bantuan ini bisa digunakan dengan sebaik-baiknya, dan membantu membangun usaha mereka kembali, akibat pandemi Covid-19.

“Semoga bantuan ini bisa bermanfaat, dan semoga pandemi ini bisa segera selesai,” ujar Romy.