MRI-ACT Sumut Salurkan Bantuan Modal Usaha untuk Pedagang Kecil

Sumut, relawan.id – Masyarakat Relawan Indonesia (MRI-ACT) Sumut menyalurkan bantuan sedekah modal usaha dalam program Sahabat Usaha Mikro Indonesia (UMI) untuk seorang pedagang kecil di Kecamatan Medan Denai bernama Sri Ani. Ia merupakan seorang ibu rumah tangga yang berperan paling depan dalam kehidupan keluarga karena akibat dampak Pandemi Covid-19.

Wanita berusia 53 tahun ini, merupakan seorang janda yang menjadi tulang punggung keluarga. Ani tinggal di Jalan Rawacangkuk 1 bersama 4 orang anaknya yang masih duduk di bangku sekolah. Ia tak pernah mengeluh akan kehidupan yang dijalaninya selama ini. Walaupun seorang pedagang kecil namun semangat untuk menjadi seorang pedagang sangatlah besar.

Ani adalah seorang penjual sayur masak dan nasi goreng. Dulunya ia seorang penjual lontong sayur yang ditekuninya selama 10 tahun lamanya sebelum ia menjadi seorang janda. Usahanya yang bergerak dibidang kuliner ini, sempat membuatnya hampir putus asa karena penjualan yang menurun akibat Covid-19.

“Sebelum masa pandemi ini Alhamdulillah lumayan kali nak. Bisa lah terbayar uang listrik, uang air, anak-anak sekolah pun bisa dibayar uang SPP-nya. Untuk makan sehari hari cukuplah. Tapi semenjak pandemi ini untuk modal pun pagi pinjam sama orang, malamnya dibalikkan lagi, apalagi kalo ngga habis. Sedih kali rasanya. Sayurnya tebuang uang untuk modal pun kurang. Ini aja anak sekolah belum bayar SPP 3 bulan, kalau untuk makan tertutupi lah dari jualan ibuk, cuma kalau untuk kebutuhan lain-lain ngga bisa tertutup karena modal pun kurang. Biasanya omset sampai Rp 500.000, ini sekarang cuma dapat Rp 200.000 untuk modalnya aja kurang. Biasanya kan rame orang beli sekarang udah pada takut orang mau beli makanan di luar. Apalagi kalo hujan. Udahlah gak habis lah itu di tunggu pun sampe jam 11 barulah dapat dapat Rp 50.000 lumayanlah nambah-nambah” tutur Sri Ani.

Ani berharap semoga program UMI ini bisa membantu untuk menambah modal usahanya dalam menghidupi keluarganya