Bantu Korban Banjir, MRI Gorontalo Distribusikan Makanan Siap Santap

Gorontalo, relawan.id – Korban banjir di Kampung Bugis di Kelurahan Bugis, Kecamatan Bugis. Kecamatan Hulontalangi, Kabupaten Gorontalo turut menikmati hidangan siap santap yang di distribusikan oleh tim Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Gorontalo, Ahad (14/6/2020). Bantuan itu diantarkan langsung para relawan ke rumah-rumah warga.

Koordinator MRI Gorontalo Amir Alqomari menerangkan, bantuan langsung relawan bagikan kepada masyarakat yang tengah membersihkan rumah mereka.

Selain mendistribusikan bantuan pangan, tim juga melakukan asesmen. Hingga hari keempat pascabanjir bandang, lumpur tebal masih menyelimuti jalan dan rumah penduduk. Akses jalan masih belecak, barang-barang warga atau pun benda-benda yang hanyut masih berserakan.

“Tahap awal, tim mendistribusikan 120 porsi makanan siap santap, makanan ringan, pakaian layak, dan air minum,” kata Amir.

Berdasarkan hasil asesmen relawan MRI, kebutuhan darurat warga masih meliputi obat-obatan, pakaian, vitamin, dan makanan.

Sejak banjir menerjang sejumlah kecamatan di Provinsi Gorontalo Kamis (11/6), MRI Gorontalo langsung membagi tim ke sejumlah wilayah, antara lain Kabupaten Bone Bolango, Kecamatan Sawawa, dan Kota Gorontalo.

Hujan lebat beberapa hari terakhir menjadi pemicu banjir bandang dan meluapnya air sungai di Provinsi Gorontalo. Badan Meteorolgi, Klimatologi, dan Geofisika melaporkan, banjir di Provinsi Gorontalo akibat hujan lebat yang dipicu Siklon Tropis Nuri yang terbentuk di sekitar Laut Cina Selatan sebelah barat Filipina.

Menurut laporan BMKG yang dirilis Jumat (12/6), potensi hujan lebat akibat siklon tropis Nuri juga dapat terjadi di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Kalimantan Utara, dan Sulawesi Tengah.