MRI Distribusikan Bantuan Korban Terdampak Banjir Tanah Bumbu

Tanah Bumbu, relawan.id – Muryati nampak semringah ketika menerima sebungkus makanan siap santap yang dibagikan relawan MRI Kalimantan Selatan. Dengan ramah ia juga mempersilakan relawan MRI untuk masuk ke dalam rumahnya yang berada di Desa Sungai Danau, Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu. Hampir setiap sudut ruangannya tampak tergenang air pada Selasa (23/6/2020) itu.

Terdapat dipan tinggi di ruang tamu. Tumpukan bantal menunjukkan selama dua hari terakhir Nenek Muryati terpaksa tidur di atas dipan itu, tanpa kasur. Di salah satu sudut dekat pintu rumahnya berdiri sebuah lemari kayu yang berisi berbagai jajanan dan sedikit sembako.

Nenek Muryati mengaku itulah satu-satunya usahanya untuk bertahan hidup. Sejak sang suami meninggal tujuh tahun yang lalu, Muryati hidup sendirian di rumah itu. “Beginilah yang bisa dilakukan untuk hidup sehari-hari,” ungkapnya.

Saat banjir menggenang sejak Ahad (21/6/2020), tak banyak pembeli yang menghampiri warung kecilnya. Sebungkus nasi dan kunjungan singkat para relawan seperti menjadi kebahagiaan berarti baginya. Hal ini terlihat dari senyum yang merekah bahkan hingga para relawan meninggalkan rumahnya.

Muryati ialah salah satu penerima makanan siap santap yang disediakan oleh Dapur Umum ACT-MRI Kalimantan Selatan dalam merespons banjir di Tanah Bumbu. Dapur umum tersebut berdiri di Jalan Karya Bersama, Desa Sungai Danau, Kecamatan Satui. Tiap harinya ada 900 porsi makanan siap santap yang disajikan. Relawan dan warga setempat bergotong royong menyiapkan kebutuhan yang paling mendesak ini.

“Setelah makanan matang, ratusan porsi makanan segera didistribusikan ke warga. Setiap hari, kami akan menyediakan 900 porsi bagi warga terdampak banjir,” jelas Koordinator Program ACT Kalsel Retno Sulisetiyani, Senin (22/6) lalu. Dibantu relawan, makanan terdistribusi ke warga terdampak banjir.

Di Satui, banjir merendam tiga desa sejak Ahad (21/6) sebelumnya. Di Sungai Danau sendiri, terdapat 16 RT dengan 1.481 keluarga terdampak, sementara Desa Sinar Bulan 68 keluarga terdampak, sedangkan Satui Timur ada 130 keluarga yang harus merasakan rendaman banjir ini. Hujan dengan intensitas tinggi dalam waktu yang cukup lama memancing adanya bencana.