MRI Kirim Bantuan Kemanusiaan untuk Pengungsi Rohingya

Aceh, relawan.id – Dua hari lalu, atau Rabu (24/6) lalu, sebuah kapal terombang-ambing di perairan Aceh Utara. Kapal itu memuat 100 warga Rohingya, Myanmar. Ratusan warga etnis Rohingya yang masuk kawasan Pantai Lancuk, Aceh Utara, dievakuasi ke daratan setelah ada koordinasi antara pemerintah daerah dengan badan PBB terkait penanganan pengungsi (UNHCR)

Saat ini, 100 muslim Rohingya itu ditampung di bekas Kantor Imigrasi Lhokseumawe, Gampong Kuala Lancok, Kecamatan Stamtalira Bayu, Aceh Utara. Mereka ditampung sementara dan menjalani tes cepat Covid-19 untuk memastikan kondisi kesehatan mereka di tengah pandemi sekarang ini. Kebutuhan makan mereka pun dipenuhi.

Merespon hal itu, Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Aceh Utara dan MRI Lhokseumawe pada Sabtu (27/6/2020) kemarin telah mengirimkan bantuan kemanusiaan ke warga Rohingya yang kini berada di Aceh Utara berupa makan siang.

Humas MRI Aceh, Astri Maulida mengatakan bantuan kemanusiaan tersebut akan terus diberikan untuk membantu muslim rohingya yang kini berada di Lhokseumawe. Selain itu, pihaknya juga sudah membuat dapur umum darurat untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari.

“Pengiriman bantuan dilakukan oleh MRI serta ACT, kami juga melakukan pembersihan tempat yang dijadikan penampungan,” jelas Astri, Sabtu (27/6/2020).

Astri menambahkan, pada Jumat (26/6), lokasi penampungan pengungsi Rohingya telah diisolasi total oleh pemerintah setempat. Tujuannya untuk memutus rantai penyabaran Covid-19. Pasalnya, perjalanan pengungsi Rohingya cukup panjang dan dikhawatirkan telah terinfeksi virus corona.