Bantu Pengungsi Rohingya, MRI Sumut Galang Donasi

Sumut, relawan.id – Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Labuhanbatu sedang menggalang donasi guna membantu pengungsi Rohingya yang saat ini ditampung di bekas Kantor Imigrasi, Desa Punteuet, Kota Lhokseumawe, Aceh, Senin (29/6/2020).

Aksi galang dana bela Muslim Rohingya yang dilakukan di Masjid Baitul Muhsinin, Jl. Prisai, Kelurahan Kartini, Kecamatan Rantau Selatan, Sumatera Utara. Humas MRI Sumatera Utara, Rommy Falsa, mengajak seluruh elemen masyarakat agar mau menyumbangkan sebagian rejekinya untuk membantu pengungsi Rohingya.

“Kemana lagi mereka harus menyelamatkan nyawa, di tempat tinggalnya terusir, sedangkan pengungsi ini belum tentu diterima oleh negara lain,” kata Rommy.

Selain itu, Rommy mengatakan hingga saat ini MRI masih menaruh perhatian terhadap etnis Rohingya yang terus mencari pelarian dari negara asalnya, termasuk yang telah diselamatkan warga Aceh beberapa hari lalu.

“Sejak beberapa tahun sebelumnya MRI terus membersamai Muslim Rohingya dengan bantuan-bantuan terbaik, aksi hari ini pun menjadi salah satu bentuk solidaritas untuk Muslim Rohingya,” ujar Rommy.

Aksi ini, akan terus dilanjutkan untuk memberikan dukungan terhadap Muslim Rohingya, baik melalui aksi galang dana maupun galang dukungan.

Menurut dia tindakan masyarakat Aceh yang mengevakuasi 99 warga etnis Rohingya telah membuat mata Indonesia dan dunia kembali melihat betapa sulitnya etnis Rohingya mencari kehidupan.

Saat ini pengungsi Rohingya telah mendapatkan pendampingan psikososial oleh relawan MRI di sana guna memberikan rasa tenang kepada anak-anak yang turut terombang-ambing di lautan.

“Relawan MRI juga telah mendirikan dapur umum untuk mencukupi kebutuhan pangan para pengungsi Rohingya,” tutur Rommy.