Ini 4 Alasan Kamu Harus Naik Angkutan Umum atau Berjalan Kaki

Jakarta, relawan.id – Tanpa disadari, ketika bepergian kita lebih terbiasa menggunakan kendaraan pribadi baik jarak yang dekat maupun jarak jauh. Misalnya saja saat berangkat ke sekolah ataupun kantor maupun berbelanja ke minimarket dekat rumah yang jaraknya terjangkau.

Padahal banyak transportasi umum yang bisa kita gunakan, seperti angkot, transjakarta, MRT, dan kereta api. Bahkan, tak jarang tempat yang kita mau kunjungi bisa dijangkau dengan berjalan kaki lho.

Dilansir dari beberapa sumber, relawan.id sudah merangkum empat alasan penting kenapa kita harus naik angkutan umum atau berjalan kaki;

Membuat badan menjadi lebih sehat

Dengan adanya berbagai macam kendaraan, membuat kita lupa dan malas akan pentingnya berjalan kaki. Sedangkan jalan kaki memberikan dampak yang sangat baik bagi tubuh kita.

Beberapa manfaat yang akan kita dapatkan yaitu, menjaga kesehatan jantung, menghindari resiko penyakit kronis, menjaga kesehatan saluran pencernaan, mengurasi risiko diabetes dan osteoporosis, dan membantu menurunkan berat badan (sekalian diet).

Mengurangi polusi udara

Emisi gas buangan kendaraan bermotor merupakan faktor utama yang menyebabkan polusi udara. Komponen gas dan partikel hasil buangan kendaraan jika terhirup oleh manusia akan sangat berbahaya.

Pada tingkat konsentrasi tertentu komponen tersebut dapat berakibat langsung pada kesehatan manusia, baik secara mendadak atau akut, menahun maupun kronis dengan gejala-gejala yang kadang tidak terlihat. Dimulai dari iritasi saluran pernapasan, iritasi mata, alergi kulit, hingga kanker paru-paru karena terlalu banyak menghirup udara kotor.

Menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman

Dengan menggunakan angkutan umum atau berjalan kaki, secara tidak langsung kita dapat membantu mendukung program mewujudkan lingkungan bersih dan sehat. Misalnya, program Go Green atau Zero Waste Lifestyle.

Selain itu, program lainnya seperti mengurangi tingkat kemacetan dan keributan di tengah kota juga dapat terwujud. Tak hanya itu, kita juga dapat membantu pemerintah untuk mengoptimalkan subsidi bahan bakar. Sangat membantu bukan?

Membantu mengontrol diri

Naik angkutan umum atau berjalan kaki ketika bepergian juga membantu kamu dalam mengontrol diri dalam meningkatkan kualitas hidup menjadi lebih baik lagi. Apa yang akan kamu dapatkan?

  • Pengeluaran jadi lebih sedikit (lebih hemat) karena kebanyakan ongkos untuk angkutan umum tidak semahal biaya untuk membeli bahan bakar.
  • Mengurangi resiko kecelakaan.
  • Sebagai ajang bersosialisasi dengan sesama penumpang atau sesama pejalan kaki.