Sampah Plastik Makin Banyak, Ini Tips Sayangi Lingkungan saat Masa Pandemi

Jakarta, relawan.id – Sampah plastik menjadi masalah lingkungan sejak lama. Sebab membutuhkan waktu ratusan tahun agar terurai. Masalah sampah plastik sudah menjadi masalah serius di berbagai belahan dunia. Apalagi sampah plastik ini menumpuk di mana-mana, termasuk di lautan.

Meski penggunaan plastik sangat sulit dihindari, namun sangat mungkin untuk dikurangi terutama dengan mengubah kebiasaan kecil di rumah. Upaya apa saja yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi sampah plastik?

Bawa tas belanja

Jika Anda terbiasa menggunakan tas belanja plastik, mulai sekarang cobalah gunakan tas belanja yang dapat digunakan kembali. Anda bisa memilih model tas tote bag atau eco bag berbahan kanvas atau kain yang mudah dilipat sehingga mudah disimpan.

Cara ini mungkin terlihat kecil namun, dengan membiasakan diri untuk membawa tas belanja, Anda tidak hanya dapat mengurangi tumpukan tas plastik saja, tapi juga menghemat biaya penggunaan plastik yang sering Anda temui jika berbelanja di supermarket.

Tempat makan dan botol minuman

Selain membawa tas belanja, untuk mengurangi sampah plastik, ada baiknya bawa juga selalu kotak makan dan botol minuman yang dapat digunakan kembali.

Cara yang satu ini bukan hanya mengurangi sampah plastik tapi juga dapat membuat Anda terhindar dari bakteri dan virus berbahaya yang berpotensi terdapat pada kemasan makanan atau minuman yang dijual di pasaran.

Batasi pemakaian kemasan plastik

Sisa kemasan adalah jenis sampah plastik yang paling banyak kita hasilkan sehari-hari. Sampah plastik jenis ini memang sangat sulit untuk dihindari namun tetap dapat dikurangi.

Misalnya dengan membeli toiletries dalam jumlah yang besar sehingga Anda bisa meminimalisir banyaknya sampah kemasan yang dihasilkan.

Daur ulang

Selain berusaha mengurangi sampah plastik, Anda juga bisa menerapkan konsep 3R (reduce, reuse, and recycle).

Anda bisa memanfaatkan sampah plastik untuk digunakan kembali atau di daur ulang. Gunakan kreativitas Anda untuk mengolah sampah plastik tersebut menjadi barang fungsional.

Seperti menggunakan sampah botol plastik untuk media bercocok tanam. Dengan cara ini Anda dapat menekan sampah plastik yang terbuang percuma.