Banjir Bandang Terjang Masamba, Ribuan Rumah Terendam

Masamba, relawan.id– Wilayah Masamba, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan (Sulsel), diterjang banjir bandang, Senin malam, 13 Juli 2020. Banjir yang terjadi merupakan banjir terparah sehingga dilaporkan ratusan rumah di pinggir Sungai Masamba tersapu banjir yang disertai lumpur. 

Salah satu relawan MRI Sulawesi Selatan, Sandi Alam mengatakan banjir bandang tersebut mengakibatkan ratusan rumah terendam banjir serta memutus jembatan di daerah Masamba, Luwu Utara. Selain itu, menurut informasi akibat banjir ini mengakibatkan satu warga meninggal.

Saat ini masyarakat terdampak banjir sebagian mengungsi di Kantor Bupati Luwu Utara dan tempat yang aman. “Kita berharap mudah-mudahan air segera surut dan warga dapat kembali ke rumah masing-masing,” kata Sandi.

Dia menyampaikan, berdasarkan informasi yang diperoleh, dampak  parah akibat banjir terjadi di daerah Lontang dan belakang Lombok atau Kutanda, di kawasan Kelurahan Bone Tua, Kecamatan Masamba. Kawasan yang terdampak paling parah terjadi di Desa Radda, Kecamatan Baebunta.

Banjir bandang menerjang akibat hujan deras yang terus menerus mengguyur dan menyebabkan sungai meluap. Kepanikan sempat melanda warga karena semua jaringan terputus.  Pada Selasa pagi, 14 Juli 2020 ini warga, baru bisa saling berkirim kabar melalui video tentang kondisi di Masamba.