Jarang Diketahui, Rebusan Daun Sirih Merah Bisa untuk Bahan Antiseptik Loh

Jakarta, relawan.id – Daun sirih memang sudah dikenal sebagai tanaman yang kaya khasiat untuk kesehatan tubuh. Daun sirih ini juga banyak tumbuh di Indonesia. Bahkan sebagian orang sengaja menanamnya di halaman depan rumah sebagai tanaman obat yang bisa digunakan kapanpun.

Salah satu jenis daun sirih yang banyak ditemui dan banyak dimanfaatkan di Indonesia adalah sirih hijau. Tetapi ada satu jenis daun sirih lagi yang tidak kalah berkhasiat, yaitu daun sirih merah. Daun sirih yang satu ini mempunyai beberapa kandungan yang bermanfaat untuk tubuh. Seperti kandungan flavonoid, alkaloid, tannin, senyawa polifenolat, dan minyak atsiri.

Zaman dulu, daun sirih merah ini sering digunakan orang lanjut usia untuk menyirih. Biasanya hal ini dilakukan sebagai salah satu cara untuk merawat gigi. Tidak jarang para lansia dengan kebiasaan menyirih mempunyai susunan gigi yang masih utuh dan kuat meskipun sudah usia senja.

Di samping itu, daun sirih merah masih menyimpan banyak manfaat lain untuk tubuh. Mulai dari sebagai bahan antiseptik hingga bisa digunakan sebagai obat penyakit dalam seperti pneumonia.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapam manfaat rebusan daun sirih merah yang bisa Anda dapatkan saat mengonsumsinya.

Antiseptik

Manfaat rebusan daun sirih yang pertama adalah sebagai bahan alami antiseptik. Kandungan antibakteri yang dimiliki daun sirih memang sangat ampuh untuk membunuh bakteri atau kuman. Dari kandungan tersebut daun sirih merah ini sangat cocok dijadikan sebagai bahan cuci tangan.

Seperti dilansir dari laman Alodokter, penelitian menunjukkan bahwa antiseptik dari cairan daun sirih ternyata lebih unggul daripada sabun non antiseptik maupun sabun antiseptik. Namun hasil penelitian ini masih membutuhkan bukti ilmiah lain supaya lebih kuat.

Mengurani Bau Mulut dan Badan

Kandungan eugenol dan capitol yang terdapat pada daun sirih merah juga berguna untuk mengatasi bau mulut. Manfaat daun sirih merah yang satu ini bisa didapatkan dengan berkumur rebusan daun sirih beberapa saat, dan masalah bau mulut bisa teratasi.

Bukan hanya itu, rebusan daun sirih merah juga mampu mengatasi bau badan. Kandungan estradiol dan klaikula dalam daun sirih merah dapat bekerja mengatur produksi hormon kelenjar keringan dalam tubuh. Sehingga dengan cara ini, bau yang tidak sedap disebabkan oleh keringat bisa teratasi.

Untuk mendapatkan manfaat rebusan daun sirih merah ini, Anda bisa mengonsumsinya secara rutin.

Mengobati Gusi Berdarah

Bagi Anda yang memiliki masalah gusi sensitif, Anda bisa mengambil daun sirih merah sebagai bahan alami untuk mengatasinya. Daun sirih merah dipercaya dapat meredakan pendarahan akibat peradangan gusi.

Manfaat ini didapatkan dari kandungan saponin, tanin, kalsium dan fosfor yang banyak terdapat dalam daun sirih merah. Bagi Anda yang tertarik mencobanya, Anda bisa merebus beberapa lembar daun sirih merah lalu gunakan air rebusan untuk berkumur 3 kali sehari.

Mengobati Gatal

Manfaat rebusan daun sirih merah yang lain juga dapat digunakan untuk mengobati gatal pada kulit. Jika tiba-tiba Anda mendapatkan reaksi gatal yang disebabkan oleh gigitan serangga atau alergi lain, Anda bisa segera merebus 20 -30 lembar daun sirih merah.

Gunakan rebusan daun sirih merah ini untuk mandi. Dengan begitu, rasa gatal akibat serangga maupun alergi pada kulit bisa berkurang bahkan reda.

Mengobati Batuk

Masalah batuk juga dapat diatasi dengan mengonsumsi rebusan daun sirih merah. Manfaat rebusan daun sirih merah yang satu ini bisa didapatkan karena kandungan antiseptik yang dapat membunuh bakteri penyebab penyakit batuk.

Anda cukup merebus 5 lembar daun sirih yang sudah dicuci bersih sebelumnya dalam 300 ml air. Tunggu hingga mendidih, lalu tuangkan pada gelas, minum selagi hangat.

Mengatasi Sakit Perut

Daun sirih merah juga mengandung terpenoid dan lavikula yang sangat berguna untuk mengatasi sakit perut. Ini bisa Anda dapatkan sebagai salah satu manfaat rebusan daun sirih merah.

Caranya sangat mudah, Anda cukup merebus 7 lembar daun sirih merah dengan air secukupnya hingga mendidih. Kemudian Anda bisa meminum rebusan daun sirih merah tersebut, dan sakit perut pun akan mereda.

Mengobati Asam Urat

Manfaat rebusan daun sirih merah berikutnya adalah mampu mengobati asam urat. Mengonsumsi rebusan daun sirih merah secara rutin dapat meredakan nyeri otot dan melepaskan Kristal asam urat yang ada dalam tubuh.

Bagi Anda yang memiliki masalah penyakit asam urat, Anda bisa mencoba ramuan alami ini secara rutin.

Mengobati Bronkitis

Mengonsumsi rebusan daun sirih merah juga mampu mengobati masalah saluran pernapasan bronkitis. Manfaat rebusan daun sirih merah yang satu ini bisa Anda dapatkan dengan merebus beberapa lembar daun sirih dalam waktu yang lama.

Anda bisa mengambil 5-7 lembar daun sirih, direbus dengan air hingga mendidih cukup lama. Setelah itu Anda bisa meminum rebusan daun sirih merah selagi hangat.

Mengobati Pneumonia

Bukan hanya bronkitis, masalah saluran pernapasan lain yang bisa diobati dengan rebusan daun sirih adalah pneumonia.

Bagi Anda yang mempunyai masalah ini, bisa menjadikan rebusan daun sirih merah sebagai alternatif obat herbal dengan meramunya sendiri. Caranya sangat mudah, yaitu dengan merebus 5-7 lembar daun sirih merah dan meminumnya secara rutin.

Mengobati Jantung Koroner

Manfaat rebusan daun sirih juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit jantung koroner. Manfaat ini bisa Anda dapatkan dengan menghaluskan beberapa lembar daun sirih kemudian dicampur dengan cabai atau daun kemukus dengan tambahan bawang merah dan jintan.

Campuran bumbu tersebut kemudian diendapkan dengan air panas. Setelah itu, Anda bisa segera meminum airnya secara teratur.