Jarang Diketahui, Ternyata Coklat Bisa Bantu Kesehatan Jantung

Jakarta, relawan.id – Cokelat merupakan makanan yang bisa mempengaruhi berbagai kondisi tubuh dengan positif. Konsumsi cokelat bisa berdampak baik terutama pada kondisi mental seseorang.

Penelitian terbaru mengungkap satu lagi manfaat dari konsumsi cokelat ini. Dilansir dari Medical Express, cokelat diketahui bisa membantu terhadap kesehatan jantung seseorang.

Diketahui bahwa konsumsi cokelat setidaknya seminggu sekali bisa menurunkan risiko penyakit jantung. Hasil temuan ini telah dipublikasikan pada European Journal of Preventive Cardiology.

“Hasil penelitian kami mengungkap bahwa cokelat membantu menjaga pembuluh darah di jantung tetap sehat,” terang dr. Chayakrit Krittanawong dari Baylor College of Medicine, Houston, Texas.

“Sebelumnya, penelitian klinis telah menunjukkan bahwa cokelat bermanfaat bagi tekanan darah serta pembuluh darah. Saya ingin mengetahui apakah hal ini mempengaruhi pembuluh darah yang mensuplai jantung (arteri koroner) atau tidak. Dan jika iya, apakah hal ini bermanfaat atau tidak?” sambungnya.

Peneliti melakukan analisis gabungan pada hasil penelitian dari lima dekade terakhir untuk memeriksa hubungan antara konsumsi cokelat dan penyakit arteri koroner (penyumbatan pada arteri koroner). Analisis ini termasuk enam penelitian dengan total 336.289 partisipan yang melaporkan mengenai konsumsi cokelat mereka.

Berdasar temuan tersebut diketahui manfaat dari konsumsi cokelat ini. Dibanding konsumsi cokelat kurang dari sekali seminggu, konsumsi sekali seminggu bisa menurunkan risiko penyakit arteri koroner hingga 8 persen.

“Cokelat mengandung nutrisi yang menyehatkan jantung seperti flavonoid, methylxanthines, polyfenols dan asam stearic yang bisa menurunkan peradangan dan meningkatkan kolesterol baik (lipoprotein kadar tinggi atau kolesterol HDL,” terang dr. Krittanawong.

dr. Krittanawong mengatakan bahwa hasil penelitian ini tidak memeriksa apakah jenis cokelat tertentu lebih bermanfaat dan apakah ada porsi ideal tertentu.

“Cokelat tampak menjanjikan untuk melindungi dari penyakit arteri koroner, namun penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk menjelaskan seberapa banyak dan apa jenis cokelat yang direkomendasikan,” terangnya.

Walau belum jelas seberapa banyak cokelat yang optimal, namun dr. Kritanawong mewaspadai konsumsi berlebih.

“Jumlah cokelat yang sedikit bisa melindungi dari arteri koroner namun dalam jumlah besar hal ini tidak bermanfaat. Kandungan kalori, gula, susu, dan lemak di dalam produk tersebut harus dipertimbangkan pada penderita diabetes dan obesitas,” tandasnya.