MRI Distribusikan Air Bersih untuk Warga Terdampak Debu Vulkanik Sinabung

Sumut, relawan.id – Saat ini Kabupaten Karo yang dikenal dengan tempat wisata, keindahan pemandangan, serta kesuburan bercocok tanam hilang begitu saja akibat terhentinya aktivitas warga karena debu vulkanik yang tebal menutupi semuanya.

Hampir setiap tahun erupsi Gunung Sinabung terjadi. Sejak tahun 2010 Gunung Sinabung aktif, di tahun 2020 Sinabung batuk kembali sehingga berdampak pada kesehatan masyarakat dan juga fasilitas air bersih susah didapatkan.

Semenjak terjadinya erupsi Gunung Sinabung, para relawan MRI-ACT Sumatera Utara selalu diterjunkan untuk mendampingi warga yang terdampak debu vulkanik.

Pada Selasa (11/8/2020), relawan MRI-ACT Sumatera Utara mendistribusikan air bersih sebanyak 5.000 liter untuk warga terdampak debu vulkanik Gunung Sinabung Desa Deram, Kecamatan Merdeka, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Meski beberapa desa terdampak sudah diguyur hujan, namun tak mampu menghilangkan debu juga pemenuhan kebutuhan air bersih. Debu vulkanik masih sangat tebal, hingga jarak pandang jalanan juga sangat terbatas.

Bantuan ini diharapkan mampu mengatasi kelangkaan air bersih akibat tercemarnya air sebab debu vulkanik.