Minuman Sehat untuk Redakan Gejala Pilek

Jakarta, relawan.id – Mengalami pilek di tengah pandemi Covid-19 memang terkadang membuat beberapa orang panik. Karena, flu atau pilek menjadi salah satu gejala terinfeksi virus corona.

Rasanya ingin segera cepat sembuh dan kembali sehat jika sudah merasa pilek. Selain dengan minum obat, ada juga beberapa minuman sehat yang dipercaya dapat membantu meredakan gejala pilek.

Minuman panas atau hangat memberikan bantuan langsung dan berkelanjutan untuk keluhan hidung meler, batuk, bersin, sakit tenggorokan, kedinginan, dan kelelahan.

Tetapi tentu saja, jika gejalanya semakin parah, segeralah pergi ke fasilitas layanan kesehatan terdekat. Lalu, apa saja sih minuman yang dapat membantu meredakan gejala pilek? Simak daftarnya seperti dirangkum dari Food Revolution, Kamis (13/8/2020).

Teh jahe

Teh memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan. Begitu juga dengan jahe. Oleh sebab itu gabungan keduanya bisa baik untuk membantu Anda mengurangi gejala pilek.

Hal ini karena jahe memiliki vitamin dan mineral, termasuk kromium yang dapat membantu mencegah pilek dan demam. Tanaman ini juga bisa bermanfaat untuk mengatasi batuk parah atau radang tenggorokan.

Teh Hijau

Terakhir ada teh hijau yang manfaatnya pada kesehatan tubuh sangat banyak. Hal ini karena teh hijau mengandung antioksidan kuat yang dikenal sebagai EGCG, yang membantu menghentikan radikal bebas merusak sel-sel sehat Anda.

Penelitian juga telah membuktikan teh hijau sebagai antiviru , membantu melawan flu dan virus lainnya . 

Seperti obat antivirus, teh hijau dipercaya dapat membantu mempercepat pertumbuhan dan aktivitas sel kekebalan yang dianggap sebagai pertahanan pertama dalam melawan infeksi.

Air lemon

Jika Anda menyukai rasa asam dan ingin meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dengan vitamin C, cobalah minum perasan air lemon segar dalam air panas atau hangat untuk membantu Anda tetap terhidrasi.

Lemon juga kaya akan serat yang disebut pektin, prebiotik yang membantu kesehatan usus yang baik dengan memberi makan bakteri usus yang sehat. Selain itu, lemon mengandung asam sitrat dalam jumlah besar sehingga dapat meningkatkan pengeluaran urin dan membantu pencernaan.