Trik agar Tidak Sakit saat Swab Test Covid-19

Jakarta, relawan.id – Salah satu upaya percepatan penanganan Covid-19 adalah memperbanyak testing atau pengambilan sample di masyarakat. Dengan upaya ini, akan terlacak siapa saja orang dengan Covid-19 dan segera diisolasi atau diberi pengobatan jika kondisi kesehatan buruk.

Nah, pengetesan dilakukan dalam dua cara, Rapid Test dan PCR atau Swab Test Covid-19. Dua tes ini yang dipergunakan Indonesia dalam upaya melacak keberadaan virus corona di tengah masyarakat.

Jika Anda berniat untuk Swab Test Covid-19 karena dapat kesempatan atau memang memiliki gejala seperti batuk, sesak napas, atau pilek, maka Anda mesti tahu bahwa tes ini cukup menyakitkan. Hal itu karena pengambilan bahan uji dilakukan dengan alat yang dimasukkan ke dua area tubuh, mulut dan hidung.

Tapi, Swab Test Covid-19 bisa tidak menyakitkan jika Anda tahu triknya. Ya, dalam melakukan Swab Test Covid-19 ada trik khusus agar proses pengambilan sample tak sakit. Bagaimana caranya?

1. Pengambilan sampel di mulut

Sebelum diambil sampel, usahakan Anda duduk rileks. Setelah itu, pastikan kepala Anda menengadah ke atas dan buka mulut yang besar. Nah, di sini triknya, pastikan lidah keluar dan Anda berusaha untuk mengatakan ‘Aaaa’.

Jika sudah, alat Swab Test Covid-19 akan masuk ke rongga mulut Anda dan dalam hitungan detik, sampel berhasil terambil. Cara ini dipastikan tak membuat Anda merasakan apapun.

2. Pengambilan sampel di hidung

Nah, untuk yang satu ini Anda akan merasakan sensasi nyeri bahkan bisa meneteskan air mata. Sebab, tenaga kesehatan akan memasukkan alat ke salah satu lobang hidung Anda.

Nah, untuk trik pengambilan sampel di hidung, pastikan kepala Anda menengadah ke atas dan biarkan alat Swab Test Covid-19 masuk perlahan ke lobang hidung Anda selagi Anda tetap mengatur napas. Beberapa detik setelah alat masuk, Anda akan merasakan sensasi sakit namun tidak begitu perih. Jangan kaget kalau bola mata Anda bakal ikutan merah setelah pengambilan sampel.

So, itu tadi trik sederhana agar Anda tidak merasa terlalu sakit saat Swab Test Covid-19. Ingat, pengetesan itu penting agar Anda dan keluarga bisa lebih waspada terhadap penyebaran Covid-19.