Rayakan Jumat dengan Wakaf, Ini 4 Manfaat Wakaf

Jakarta, relawan.id – Wakaf adalah amal jariyah yang terus mengalir walau kita telah tiada. Tujuan wakaf tentu untuk memberikan sebagian harta ataupun seluruh harta pada golongan tertentu atau ahli yang sudah ditunjuk untuk dapat dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat luas.

Ada beberapa manfaat yang dapat diambil jika kita berwakaf. Apa sajakah itu?

Melatih jiwa sosial dan membantu yang kesulitan

Berwakaf menjadi salah satu sarana untuk melatih jiwa sosial. Bagi kita yang memiliki harta benda lebih banyak, bisa memberikan kepada kaum yang tidak mampu atau kesulitan. Misalnya lewat tanah yang kita wakafkan untuk orang yang tidak memiliki tempat tinggal, dan lain sebagainya.

Belajar bahwa harta benda di dunia ini tidak kekal

Dengan berwakaf, kita belajar bahwa harta yang kita miliki harus dibagi dengan orang lain. Ada sebagian hak orang lain dalam harta kita. Kehidupan akhirat yang kekal bisa diselamatkan lewat kehidupan di dunia. Wakaf membantu kita untuk mendapatkan kehidupan akhirat yang lebih baik.

Amalan tidak terputus

Amalan wakaf tidak dapat terputus meski sudah meninggal dunia, jika dikelola terus menerus. Jadi meskipun kita sudah tidak ada di dunia ini, kita bisa tetap berguna bagi orang-orang di sekitar kita.

Mempererat tali persaudaraan dan mencegah kesenjangan sosial

Dengan berwakaf yang digunakan untuk kepentingan umum, masyarakat akan merasakan manfaat yang sama. Orang yang kekurangan bisa menikmati sarana-sarana publik yang lebih baik, dan orang yang lebih berada juga bisa berbagi. Sehingga, kesenjangan sosial akan semakin kecil dan tali persaudaraan akan terasa lebih erat.

Dengan manfaat wakaf yang sudah disebutkan di atas, kita bisa memberikan kesejahteraan bagi banyak pihak seperti keluarga, orang sekitar, dan diri sendiri. Karena itu mari kita memperbanyak amal dan pahala melalui berwakaf, salah satunya dengan berwakaf melalui Global Wakaf-Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Yuk, sedekah di hari terbaik via tautan: INDONESIADERMAWAN.ID/MariBerwakafTunai atau transfer via rekening Yayasan Global Wakaf BNI Syariah: 6600001180