Rayakan Jumat dengan Wakaf, Ini 5 Keistimewaan dan Manfaat Wakaf

Jakarta, relawan.id – Bila dibandingkan dengan sedekah dan hibah, wakaf memiliki banyak keistimewaan, kelebihan dan keutamaan. Selain memiliki semua keutamaan sebagaimana sedekah dan hibah, wakaf memiliki keutamaan khusus dibandingkan dengan sedekah dan hibah.

Wakaf dapat bermanfaat tidak hanya bagi kaum dhuafa atau anak yatim, tapi spektrumnya untuk semua golongan ekonomi. Tidak salah, jika wakaf yang manfaatnya tidak terbatas disebut sebagai sarana ekonomi untuk pembangunan umat.

Dengan berwakaf kita dapat membantu mereka yang membutuhkan, berkontribusi untuk masyarakat serta memperolah pahala yang mengalir abadi.

Berikut 5 Manfaat Wakaf:

1. Menimbulkan jiwa sosial yang tinggi.

Wakaf seperti manfaat sedekah yang bisa menjadi salah satu sarana untuk melatih jiwa sosial sehingga yang memiliki harta benda lebih banyak bisa memberikan kepada yang kaum yang tidak mampu.

2. Membantu orang lain yang mendapatkan kesulitan.

Setiap saat wakaf menebarkan kebaikan dan meringankan beban orang-orang yang membutuhkan bantuan seperti fakir miskin, anak yatim, janda, orang yang tidak punya pekerjaan, para pejuang di jalan Allah, pengajar, penuntut ilmu, dan lain sebagainya.

3. Wakaf untuk peningkatan peradaban umat

Wakaf akan terus memajukan dakwah, menghidupkan lembaga sosial keagamaan, mengembangkan potensi umat, menyejahterakan umat, memberantas kebodohan, memutus mata rantai kemiskinan, memupus kesenjangan sosial.

4. Balasannya adalah surga

“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Rabbmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertakwa (yaitu) orang -orang yang menafkahkan (hartanya) baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan kemarahannya dan memaafkan (kesalahan) orang lain. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan” (Qs Ali Imran 133-134).

5. Amalan tidak terputus

Amalan ini tidak akan terputus meskipun sudah meninggal dunia, oleh akran itu wakaf adalah salah satu sarana amalan yang bisa membuat manusia selamat di dunia dan akhirat. Wakaf membuat seseorang menjadi sadar bahwa semua harta benda yang dimiliki bersifat tidak kekal.

Yuk, sedekah di hari terbaik via tautan: INDONESIADERMAWAN.ID/MariBerwakafTunai atau transfer via rekening Yayasan Global Wakaf BNI Syariah: 6600001180