Tips Atasi Insomnia, Gangguan Tidur yang Bikin Anda Hobi Begadang

Jakarta, relawan.id – Insomnia masih menjadi masalah besar bagi sebagian orang. Tentunya fenomena insomnia membawa dampak buruk bagi aktivitas esok hari. Seseorang akan menjadi tidak produktif di siang hari karena jam tidurnya terganggu.

Tentunya fenomena insomnia ini bisa disembuhkan dengan beberapa cara khusus. Salah satunya adalah dengan mengubah kebiasaan yang kerap dilakukan. Merangkum dari Web MD, Minggu (16/8/2020), berikut tipsnya.

1. Bangun di waktu yang sama setiap hari

Tidur larut malam pada akhir pekan sering dilakukan sebagain masyarakat. Jika Anda menderita insomnia sebaiknya bangun pada waktu yang sama setiap hari untuk melatih tubuh agar bangun pada waktu yang konsisten.

2. Hilangkan alkohol dan stimulan seperti nikotin dan kafein

Efek kafein dapat bertahan selama beberapa jam bahkan hingga 24 jam, dan dapat memengaruhi tidur dengan sangat signifikan. Kafein tidak hanya menyebabkan kesulitan memulai tidur, tetapi juga dapat menyebabkan sering terbangun pada malam hari.

Sementara alkohol mungkin memiliki efek penenang untuk beberapa jam pertama setelah konsumsi. Tapi alkohol dapat menyebabkan gairah dan tidur malam yang tidak nyenyak.

3. Batasi tidur siang

Meskipun tidur siang menjadi cara untuk menebus kurangnya tidur, tapi hal ini tidak selalu efektif. Tidur siang dapat memengaruhi kualitas tidur malam.

4. Batasi aktivitas di tempat tidur

Pastikan tempat tidur hanya digunakan tidur dan berhubungan dengan pasangan. Jika Anda menderita insomnia, jangan lakukan banyak hal saat berada di tempat tidur. Hindari menonton televisi atau mendengarkan radio.

5. Jangan makan atau minum tepat sebelum tidur

Makan malam atau ngemil sebelum tidur dapat mengaktifkan sistem pencernaan dan membuat seseorang tetap terjaga. Jika Anda menderita gastroesophageal reflux (GERD) atau mulas, lebih penting lagi untuk menghindari makan dan minum sebelum tidur karena hal ini dapat memperburuk gejala Anda.