5 Tanda yang Ditunjukkan oleh Tubuh Saat Terlalu Banyak Mengonsumsi Gula

Jakarta, relawan.id – Pada konsumsi makanan kita sehari-hari, tanpa disadari kita kerap mengalami konsumsi hal-hal tertentu secara berlebih. Kondisi ini semakin rentan terjadi terutama ketika seseorang tidak mengawasi makanannya.

Beberapa hal sehari-hari seharusnya tidak kita konsumsi secara berlebih karena bisa berdampak buruk terhadap kesehatan. Oleh karena itu, penting agar kita tidak berlebihan dalam mengonsumsi makanan tertentu.

Salah satu hal yang tanpa kita sadari bisa dikonsumsi secara berlebih tanpa disadari adalah gula. Hal ini sangat berbahaya bagi kesehatan kita terutama bagi mereka yang memiliki risiko diabetes.

Konsumsi gula berlebih ini bisa menyebabkan kamu mengalami masalah kualitas tidur, mikroba di usus, maupun pada kulit. Padahal, kebutuhan gula harian kita bisa terpenuhi oleh konsumsi buah dan sayur sehari-hari.

Kandungan gula yang terlalu tinggi di dalam tubuh bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Dilansir dari Health 24, berikut sejumlah tanda yang bisa ditunjukkan oleh tubuh ketika kamu mengonsumsi terlalu banyak gula.

Munculnya Masalah Kulit

Terlalu banyak gula bisa merusak kolagen dan elastin di kulit yang membuatnya berkilau dan kenyal. Nasalah kesehatan ini bisa memunculkan keriput sebelum waktunya serta sejumlah masalah penuaan.

Konsumsi gula berlebih bisa menyebabkan ketidak seimbangan pada mikrobioma usus. Hal ini juga bisa menimbulkan masalah kesehatan kulit serta jerawat pada bagian wajah.

Kamu Kerap Merasa Lemah, Lapar, dan Lelah

Walau glukosa penting agar tubuh tetap bertenaga, kondisi gula darah yang tidak seimbang bisa menyebabkan naik turunnya energi secara drastis. Hal ini bisa membuatmu merasa menjadi sangat mengantuk setelah konsumsi tinggi gula.

Setiap kali kamu mengonsumsi gula, pankreas bakal melepaskan insulin untuk membantu tubuh mengubah gula menjadi glukosa. Walau bisa memberi tambahan tenaga, namun ketika terdapat terlalu banyak gula, tingkat glukosa kita bisa menurun sehingga kita jadi lebih menginginkan banyak gula.

Perut Kembung

Kembung merupakan salah satu masalah yang bisa kita alami sehari-hari. Hal ini bisa terjadi akibat berbagai kondisi seperti masuk angin, sakit perut, intoleransi glukosa, konstipasi, atau masalah pencernaan.

Namun ketika rasa kembung dan tak nyaman ini terjadi secara rutin, hal ini juga bisa disebabkan oleh kandungan gula berlebih. Gula memberi makan bakteri buruk di dalam perut sehingga menyebabkan produksi gas berlebih yang memicu kembung.

Sulit Tidur

Kebiasaan mengonsumsi makanan manis terutama di malam hari bisa jadi penyebabmu kesulitan tidur. Pasalnya, gula juga bisa memiliki dampak sama seperti kafein yaitu sebagai stimulan.

Semakin banyak gula yang kamu konsumsi di siang hari juga bisa membuatmu kesulitan tertidur. Hal ini maah bisa membuatmu kelelahan esok harinya dan menginginkan lebih banyak gula. Siklus ini bakal terjadi terus menerus dan tentu saja merupakan hal yang tidak sehat.

Munculnya Infeksi Jamur

Kandungan gula berlebih dalam tubuh juga bisa menjadi penyebab terjadinya masalah pada organ vital. Penelitian sebelumnya telah menemukan hubungan signifikan antara infeksi jamur dengan gula darah tinggi terutama pada penderita diabetes.

Ketika terjadi peningkatan gula di dalam tubuh, jamur di organ kewanitaan bisa tumbuh dengan sangat mudah. Hal ini bisa menyebabkan terjadinya kondisi gatal dan menusuk yang sangat mengganggu.

Mengingat berbagai masalah yang mungkin muncul dari konsumsi gula berlebih ini, maka kamu perlu untuk menguranginya. Hal ini bisa sangat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan milikmu.