Tips Mudah Agar Kamu Bangun dalam Kondisi Segar

Jakarta, relawan.id – Pada kehidupan sehari-hari, sangat sering seseorang terbangun dengan rasa lelah dan tak berenergi. Kondisi bangun tidur yang tak tepat ini kerap membuat mood kita seharian menjadi rusak dan tidak produktif.

Sejumlah dampak yang muncul ketika seseorang tidak bangun dalam kondisi tepat bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Munculnya rasa lelah saat terbangun ini bisa disebabkan karena berbagai hal termasuk tidur yang tidak nyenyak.

Gangguan tidur dan tidur tak nyenyak ini merupakan sebuah hal yang bisa dialami sehari-hari. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya ekstra untuk mencegahnya.

Menghilangkan rasa kantuk dengan mudah ini bisa kamu lakukan dengan cara mudah sehari-hari. Berdasar berbagai penelitian, ditemukan banyak cara untuk bisa lebih segar saat terbangun di pagi hari.

Sejumlah penelitian mengungkap bahwa terdapat berbagai cara untuk bisa lebih segar di pagi hari. Dilansir dari Livestrong, berikut sejumlah cara mudah agar kamu bisa lebih segar, bugar, dan berenergi di pagi hari.

Mengganti Alarm dengan Lagu

Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada tahun 2020 menyebut bahwa cara untuk lebih segar ketika bangun di pagi hari adalah mengganti alarm dengan lagu yang kamu sukai.

“Kami pikir bahwa suara keras ‘beep beep beep’ mungkin mengganggu atau membingungkan aktivitas otak ketika terbangun,” terang peneliti Stuart McFarlane. 

Pada percobaan tersebut diketahui bahwa kamu tak perlu untuk mengganti alarm dengan lagu favorit semata. Segala lagu dengan ritme melodis bisa digunakan untuk memperoleh manfaat ini dan menghilangkan rasa kantuk.

Ikuti Jadwal Tidur

Apakah kamu memiliki jam tidur yang sama setiap harinya? Memiliki jam yang sama untuk bangun dan tidur setiap hari merupakan sebuah cara yang penting dilakukan agar bisa lebih segar ketika terbangun.

Jam tidur dan sama setiap hari bisa membuat tubuh memiliki pola biologisnya sendiri untuk melakukan berbagai macam hal.

“Zat kimia di tubuh kita diprogram untuk bekerja dalam siklus,” terang Michael Twery, PhD, direktur National Center on Sleep Disorders Research.

“Ketika waktu dari siklus ini tidak tepat, hal ini seperti mesin yang tidak bekerja dengan baik sehingga kamu bakal kesulitan untuk bangun,” sambungnya.

Waktu ideal untuk tidur dalam satu hari adalah sekitar tujuh hingga delapan jam. Menepati jam tidur yang disarankan ini bisa berdampak sangat baik pada kondisimu ketika terbangun.

Hindari Memencet Tombol Snooze

Pada saat ini, semua orang menggunakan alarm di ponsel mereka. Salah satu hal yang ada di alarm ponsel adalah tombol snooze atau tunda yang biasanya menunda alarm 5 atau 10 menit.

Sayangnya, kebiasaan menekan tombol tunda ini bisa membuatmu tidak segar ketika bangun di pagi hari. Untuk mencegah kebiasaan ini, kamu bisa meletakkan ponsel di lokasi yang jauh dan mengharuskanmu berdiri untuk mematikannya.

Latihan Pernapasan

Ketika kamu terbangun di pagi hari, segera duduk kemudian tarik dan embuskan napas dalam-dalam selama dua menit. Bernapas dengan panjang dan perlahan ini bisa membantu sel tubuh berpadu dengan oksigen.

Sistem pernapasan bakal melambat pada saat kamu tertidur. Dengan bernapas perlahan dan dalam-dalam ketika tidur, kamu bisa menjadi lebih segar ketika terbangun. Meningkatkan sirkulasi oksigen di dalam tubuh bisa meningkatkan energi di dalam tubuh.

Minum Air Putih

Tidur bisa menyebabkan seseorang mengalami dehidrasi. Secara rata-rata, seseorang bakal kehilangan sekitar seliter air tergantung dari kondisi kelembapan kamar serta pola bernapas mereka.

Kondisi dehidrasi yang muncul ketika terbangun ini bisa menyebabkan rasa lelah baik secara fisik maupun mental ketika terbangun. Oleh karena itu, konsumsi air putih di pagi hari saat terbangun bisa membantu kamu merasa lebih segar saat bangun.

Biarkan Cahaya Matahari Masuk

Cahaya terang terutama dari matahari merupakan salah satu hal yang bisa meningkatkan energi dalam tubuh. Hal ini bisa menyetop produksi melatonin, hormon mengantuk yang muncul agar kamu tertidur.

Membuka jendela lebar-lebar di pagi hari bisa menjadi cara agar kamu menjadi lebih segar saat terbangun. Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah keluar ruang dan berjemur di bawah sinar matahari.

Berolahraga

Penelitian pada tahun 2013 mengungkap bahwa olahraga bisa langsung meningkatkan rasa terjaga serta menurunkan rasa kelelahan. Hal ini bisa dilakukan di pagi hari untuk meningkatkan rasa segar dan bugar.

Kamu bisa melakukan olahraga ringan di dalam rumah atau bahkan berjalan untuk memperoleh manfaat ini. Tindakan ini bisa membuat tubuh dipenuhi oksigen sehingga energi yang dimiliki jadi meningkat.

Mandi Air Dingin

Mandi dengan air dingin bisa membantu menyegarkan tubuhmu. Hal ini bisa membantu membuatmu merasa lebih segar ketika terbangun di pagi hari.

Air dingin bisa membuatmu menjadi terjaga ketika kamu mandi di pagi hari. Ketika air dingin mengguyur tubuhmu, maka otak berada dalam kondisi waspada sehingga kamu menjadi lebih segar dan bertenaga.

Konsumsi Kafein

Konsumsi teh atau kopi di pagi hari merupakan salah satu cara umum yang dilakukan untuk membuatmu terjaga. Hal ini bisa membuatmu lebih segar dan berenergi saat menjalani hari.

Kandungan dari kafein bisa membantu memperlambat akumulasi zat kimia yang menimbulkan rasa ngantuk. Konsumsi kopi ini juga bisa membantu menghulangkan kelelahan fisik dan mental yang kamu alami.

Nyalalakan Lagu di Pagi Hari

Jenis musik yang tepat di pagi hari bisa membantu membuatmu terbangun dan berenergi. Mendengarkan lagu yang menyenangkan bisa membuatmu jadi bersemangat sekaligus berenergi.

Sebuah penelitian mengungkap bahwa mendengarkan lagu bisa meningkatkan perasaan terjaga serta kapasitas kognitif. Penelitian lain mengungkap bahwa mendengarkan lagu yang bersemangat di pagi hari bisa membantu seseorang merasa lebih terjaga.

Sejumlah cara tersebut bisa membuatmu lebih segar, bugar, dan berenergi ketika terbangun di pagi hari. Pilih cara yang paling sesuai denganmu untuk membuatmu jadi terjaga.