Angin Puting Beliung Landa Aceh Tengah, 32 Rumah Rusak

Aceh, relawan.id – Musibah angin puting beliung menerjang rumah warga dan fasilitas umum di Kecamatan Pegasing, Kabupaten Aceh Tengah, Selasa (25/8/2020) sekitar pukul 17.00 WIB.

Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) melaporkan bencana tersebut terjadi pada Selasa (25/8) sekitar pukul 17.30 WIB. Puting beliung melanda empat desa di Kecamatan Pegasing, yaitu Desa Belang Bebangka, Kayukul, Jurusan, dan Kute Lintang.

“Korban terdampak masih dalam pendataan, sebanyak 30 orang mengungsi ke lapangan bola voli Desa Jurusan,” kata Haslinda Juwita, anggota staf Pusat Data dan Informasi BPBA, Rabu (26/8).

Haslinda menyebutkan, 32 rumah rusak itu tersebar di empat desa. Rinciannya, yaitu 7 rumah di Desa Belang Bebangka, 12 rumah dan 2 fasilitas umum di Desa Jurusan, 12 rumah di Desa Kayukul, dan 1 rumah di Desa Kute Lintang.

Haslinda menambahkan, BPBD Aceh Tengah telah mendirikan tenda pengungsi, mendata korban luka, dan membersihkan pohon tumbang yang mengenai rumah penduduk. Selain itu juga berkoordinasi dengan dinas sosial terkait dapur umum untuk pengungsi.

“BPBD Aceh Tengah, TNI/Polri, dan masyarakat melakukan pembersihan rumah (yang rusak),” ujarnya.