Dampak Covid-19, Kasus Diabetes Tipe 1 pada Anak Naik Dua Kali Lipat

Jakarta, relawan.id – Covid-19 memang memberikan banyak dampak pada kehidupan kita. Selain kewaspadaan yang meningkat di tengah masyarakat tentang penularan penyakit, kita juga dituntut hidup lebih bersih.

Tapi, pola hidup masyarakat pun turut berubah sejak pandemi ini. Bahkan, karena perubahan pola hidup ini, peningkatan kasus Diabetes Tipe 1 pun mengalami peningkatan. Bukan kepada orang dewasa, tetapi pada anak-anak.

Peneliti Imperial College London, Inggris, seperti dilaporkan oleh New York Post, menyebut ada kaitan erat antara pandemi Covid-19 dengan peningkatan kasus Diabetes Tipe 1 pada anak-anak.

“Analisis kami menunjukkan bahwa selama pandemi, jumlah kasus Diabetes Tipe 1 pada anak sangat tinggi di dua rumah sakit dibandingkan tahun-tahun sebelumnya,” kata Karen Logan, pemimpin penelitian.

Fenomena ini terjadi kebanyakan pada anak dengan infeksi Covid-19 atau anak dengan infeksi sebelumnya. Tidak hanya di Inggris, laporan sebelumnya mencatat bahwa kejadian peningkatan Diabetes Tipe 1 pada anak terjadi juga di China dan Italia.

Studi yang diterbitkan di Jurnal Diabetes Care tersebut menganalisis data dari 30 anak di rumah sakit London yang didiagnossis dengan Diabetes Tipe 1 onset baru selama pandemi. Hasilnya memperlihatkan fakta bahwa kasus tersebut naik dua kali lipat dibandingkan periode sebelumnya.

Dari 30 anak tersebut, 21 dites Covid-19 dan diketahui bahwa lima di antar mereka dinyatakan positif. Diabetes Tipe 1 menyebabkan sel penghasil insulin di pankreas hancur. Ini menyebabkan tubuh kesulitan dalam memproduksi cukup insulin untuk mengatur kadar gula darah.

Para peneliti melihat keterkaitannya pada protein yang ada di dalam virus SARS-CoV2 penyebab Covid-19 ternyata menyerang sel pembuat insulin di pankreas tersebut.

“Diperlukan lebih banyak penelitian untuk menentukan apakah ada kaitan lebih pasti terkait hal tersebut. Tapi, sementara ini kami berharap agar dokter memperhatikan hal tersebut,” tegas Logan.