Wakaf, Instrumen yang Bisa Berikan Kesejahteraan Bagi Umat

Jakarta, relawan.id – Fenomena wakaf kini kian diagalakkan. Gembar gembor wakaf sebagai salah satu instrumen keuangan Islam menjadi sangat penting untuk terus digaungkan. Termasuk yang dilakukan Global Wakaf – Aksi Cepat Tanggap (ACT) hingga sekarang terus melakukan campaign tentang wakaf, mulai dari wakaf pangan, wakaf pendidikan, wakaf kesehatan hingga wakaf produktif..

Bila mengingat sejarah, wakaf menjadi salah satu instrumen yang banyak memberikan kesejahteraan bagi umat. Salah satu yang paling terkenal adalah wakaf sumur Usman bin Affan. Wakaf tersebut adalah hasil negosiasi Usman bin Affan dengan seorang Yahudi yang menguasai sebuah sumur. Saat itu semua warga yang ingin memperoleh air, ia harus membelinya dari orang yahudi tersebut.

Melihat kondisi tersebut, Usman bin Affan hendak membeli sumur tersebut. Karena orang yahudi melarang keseluruhan sumur di jual akhirnya disepakati setengahnya untuk Usman bin Affan. Dikarenakan setengah kepemilikan milik Usman, maka operasionalisasi dari sumur tersebut diselang-seling setiap harinya. Sehari milik Yahudi sehari milik Usman.

Pada saat harinya Usman, ia menggratiskan sumur tersebut. Seiring berjalannya waktu, masyarakat tidak ada lagi yang mengambil air dihari miliknya Yahudi. Semua menunggu hari kepemilikannya Usman. Alhasil sumur menjadi sepi dan Yahudi menjual semua kepemilikan sumur kepada Usman bin Affan.

Sehari milik Yahudi sehari milik Usman. Pada saat harinya Usman, ia menggratiskan sumur tersebut. Seiring berjalannya waktu, masyarakat tidak ada lagi yang mengambil air dihari miliknya Yahudi. Semua menunggu hari kepemilikannya Usman. Alhasil sumur menjadi sepi dan Yahudi menjual semua kepemilikan sumur kepada Usman bin Affan.

Sumur tersebut hingga saat ini banyak menghasilkan manfaat. Hasil dari kebermanfaatan sumur tersebut kemudian disisihkan sebagian untuk umat dan sebagian lagi ditabung untuk menghasilkan wakaf baru. Bahkan, Usman bin Affan kini memiliki rekening atas nama dirinya di salah satu Bank di Saudi.

Selain Usman bin Affan, kebermanfaatan wakaf juga dihasilkan oleh khalifah lain seperti Umar bin Khattab yang mewakafkan tanah di khaibar. Ali bin Abi Thalib mewakafkan hartanya di Yanbu dan Khaibar.

Begitu besar manfaat wakaf yang dihasilkan. 

Yuk, sedekah di hari terbaik via tautan: relawan.indonesiadermawan.id/mariberwakaftunai atau transfer via rekening Global Wakaf (MRI Pusat-GW) BNI Syariah: 8262000000685588